Ilustrasi: Biker Motor Tua, Antik, dan Berkarat

Akhirnya setelah berhari-hari menanti, selesai juga gambar ilustrasi yang dulu sketsanya pernah saya publish di sini. Sebenarnya dalam waktu sehari atau dua hari, ilustrasi ini bisa selesai. Tapi karena teman saya ini tergantung mood, yah, begitulah. Moodnya kadang ada kadang tidak, jadinya sketsa tersebut terbengkalai selama beberapa hari. Dengan ilustrasi ini juga menjadi awal bagi teman saya ini untuk kembali menulis di dunia blogsphere setelah sekian lagi vakum tidak menelurkan tulisan-tulisan berbau motor tua.

by bayu (rongsokkarathotam.blogspot.com) klik untuk memperbesar

by bayu (rongsokkarathotam.blogspot.com)
klik untuk memperbesar

Bagaimana pendapat masbro dengan ilustrasi gambar di atas? Berikut ini adalah penjelasan teman saya terkait dengan karakter-karakter yang dia munculkan di ilustrasi tersebut dengan sedikit pengubahan dari saya tentunya.

Ilustrasi ini menggambarkan rombongan bikers motor tua antik yang menaiki sepeda motor merk BSA buatan Inggris sedang dikendarai sangat kencang sampai roda sespan terangkat naik. Nah rombongan bikers ini berjumlah 5 orang yang digambarkan dengan karakter berbeda-beda dan keunikan sendiri-sendiri. Ada yang berkaca mata hitam jenggot tebal khas tampang bikers Outlaw, karakter tokoh Cakil seorang Buto yang jahat, usil, biasa dikenal sebagai simbol keburukan dalam dunia pewayangan, seorang bikers memakai blangkon dan pakaian adat Jawa memegang kerisnya, kemudian 2 karakter tokoh lagi seorang yang berdandan ala PUNK sedang memegang atau menarik tangan temannya membantu naik ke atas motor dan seseorang ini memakai atribut topeng pentul.
Semua Karakter tokoh ini tak terlepas dari keberagaman kesenian dan budaya Bangsa Indonesia, sengaja dipilih yang sesuai dengan hati dan keinginan sendiri. Alangkah indahnya tinggal di Indonesia dengan banyaknya keanekaragaman budaya alamnya, yang disayangkan cuman satu politik dan birokrasi dengan penguasa. Satu contoh simpel untuk melestarikan motor tua, agan-agan semua pasti pernah bersinggungan dengan hukum ketika memiliki dan waktu mengendarai motor tua antik agan, secara logika motor tua antik adalah benda yang pantas dilestarikan apalagi mengacu pada UU No 11 tahun 2010 tentang CAGAR BUDAYA yang dalam pasalnya disebutkan benda bergerak maupun tidak bergerak berusia 50 tahun atau lebih, memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan, dan memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa sehingga perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan dalam rangka memajukan kebudayaan nasional untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Nah loh…jadi kurang apa coba niat kita sebagai pecinta motor tua antik dari hobi kecintaan kita terhadapnya secara tidak langsung ikut melestarikan keberadaan peninggalan benda cagar budaya sebuah bagian dari sejarah Bangsa kita ini, di mana bangsa ini telah melewati suatu masa dan peristiwa perjuangan melawan penjajahan dan motor tua antik ini pun ikut andil di dalamnya, akan tetapi sebagai gambaran sederhana saja untuk melakukan proses pengurusan surat-surat kelengkapan motor pasti mendapat kendala, birokrasi susah tiada henti, teman saya ini sendiri pernah menanyakan ke pihak berwenang kepolisian kemudian Samsat akhirnya tak ada jawaban pasti alias cuman di pingpong bolak balik. Nah disinipun kita hanya ingin mempunyai surat yang legal entah bagaimana caranya lewat surat yang disahkan dinas yang terkait, toh kitapun juga mencoba menjadi warga negara indonesia yang baik dan taat membayar pajak ( kita 100% ikhlas bayar pajak motor tua antik kita )dan motor tua antik kita pun juga bukan barang curian kan…nah bagaimana ya tanggapan sang penguasa soal UU NO 11 Tahun 2010 itu?
Bayu-www.rongsokkarathitam.blogspot.com

Untuk lebih lengkap dan jelasnya silakan masbro semua bisa kunjugi blog tersebut.

Iklan

41 pemikiran pada “Ilustrasi: Biker Motor Tua, Antik, dan Berkarat

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s