Ada yang Berani Naik Ini?

Siapa yang tidak kenal dengan negeri Tiongkok (berdasarkan Keputusan Presiden No 12 Tahun 2014 tentang pencabutan Surat Edaran Presidium Kabinet Ampera Nomor SE-06/Pred.Kab/6/1967 tanggal 28 Juni 1967). Negeri dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia dan tersebar di berbagai Negara di dunia. Dan memiliki luas wilayah terbesar ke 4 di dunia. Dengan kondisi geografis yang beragam, kebanyakan penduduk tinggal di dataran rendah. Namun ada pula sebagian penduduk yang tinggal di daerah pegunungan yang terpencil pula.

Ini juga yang dialami oleh sebuah desa terpencil yang terdapat di Provinsi Hubei. Satu-satunya sarana yang dapat menghubungkan dengan dunia luar adalah menggunakan ropeway, yang panjangnya sekitar 1 km di ketinggian 480 di atas jurang. Desa terisolasi ini bernama Yushan dan dikelilingi oleh tebing dan lembah yang dalam, tanpa mempunyai jalan/jembatan ke daerah lainnya. Ropeway ini terbuat dari baja dan digerakkan menggunakan mesin diesel. Ropeway ini dibangun pada tahun 1997 untuk mempermudah warga desa yang terisolasi sebagai sarana mengangkut bahan makanan dan lainnya.

yushan-zipline-1

yushan-zipline-4[1]

yushan-zipline-7[1]

Warga setempat yang bernama Zhang Xinjian menjaga ropeway tersebut selama 15 tahun terakhir. Dan pekerjaannya di setiap minggu sekali adalah melumasi kabel tersebut.

yushan-zipline-6[1]

yushan-zipline-5

yushan-zipline-3

yushan-zipline-8

yushan-zipline-2[1]

Kabar terbarunya bahwa pemerintah setempat akan membuatkan jalan untuk akses ke desa tersebut dan akan menonaktifkan ropeway tersebut setelah pengerjaan jalan selesai.

#maaf jika ada yang keliru (hanya menggunakan google translate πŸ™‚ )
source: amusingplanet.com

Advertisements

33 Comments on “Ada yang Berani Naik Ini?”

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.