Kacang Mete/Mede Penganan Nan Enak dan Gurih Dikala Santai

Selamat siang semuanya, apa kabarnya hari ini? Masuk kerjakah? Saya tetap masuk kerja walaupun besok libur lagi (karyawan teladan πŸ˜€ ). Minggu-minggu ini lagi males-malesnya nulis yang berhubungan dengan motor. Kali ini saya sedikit bercerita tentang penganan yang cocok untuk menemani kegiatan santai kita ataupun juga cocok ketika disajikan di Hari Raya Idul Fitri, salah satunya adalah kacang mete atau kacang mede. Kacang mete adalah biji dari pohon jambu monyet atau jambu mede. Menurut Wikipedia, jambu monyet ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan maupun kacang-kacangan, melainkan lebih dekat kekerabatannya dengan mangga.
Proses pengolahan biji jambu monyet (selanjutnya dibaca mete) membutuhkan waktu yang lama dan masih banyak yang manual menggunakan tenaga manusia. Wajar saja jika harganya per satu kilogram mahal untuk jenis penganan. Namun, walaupun relatif mahal tetapi pasaran untuk kacang mete ini tidak pernah sepi apalagi menjelang lebaran seperti ini. Mungkin karena rasanya yang enak dan gurih serta kandungan gizi yang terdapat di dalam kacang mete tersebut. Selain digoreng, mete juga kerap kita jumpai pada isi cokelat ataupun kue.

sumber: intisari-online.com

sumber: intisari-online.com

Hari selasa kemarin, saya berencana untuk berkunjung melihat proses pembuatan mete di rumah teman saya daerah Jatisrono Wonogiri. Lama perjalanan dari rumah wonogiri ke tujuan sekitar 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 45 km. Namun sayangnya, ketika saya sampai di sana tidak ada aktivitas pengolahan mete, yang ada adalah proses pembuatan emping melinjo. Kebetulan selain mengolah mete, di rumah teman saya ini juga mengolah emping melinjo. Namun sayangnya lagi saya tidak sempat untuk mengabadikan proses pembuatannya yang masih tradisional menggunakan tenaga manusia. Bisa dikatakan bahwa keluarga teman saya ini juragan mete di kampungnya karena pedagang-pedagang di pasar kebanyakan mengambil mete dan emping dari sini.
Seperti yang kita ketahui bahwa selain terkenal dengan baksonya, wonogiri juga terkenal dengan sentra produksi kacang metenya. Tidak heran harga kacang mete di daerah wonogiri relatif lebih rendah dengan harga di kota yang lain. Akhir kata, jika mungkin ada yang yang berniat untuk membeli penganan ini untuk dijadikan camilan dikala santai ataupun untuk sajian ketika hari lebaran, bisa menghubungi saya (tidak usah jauh-jauh ke Jatisrono, promosi nih, πŸ˜€ ). Monggo dikunyah-kunyah metenya (eh, artikelnya πŸ˜€ )

mete2

Iklan

20 pemikiran pada “Kacang Mete/Mede Penganan Nan Enak dan Gurih Dikala Santai

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s