Belajar Membuat Kacang Tanah Goreng Sangrai A’la Bapake Salma

Yups, sesuai judulnya minggu pagi kemarin saya iseng membuat cemilan kacang tanah goreng sangrai. Karena sangrai, jadi dalam penggorengan sama sekali tidak menggunakan minyak melainkan menggunakan pasir. Bagaimana cara membuatnya, berikut ini langkah-langkah pembuatannya.

4217739_kacangtanah

Pertama-tama, siapkan dahulu bahan dan alat-alatnya. Bahan yang pertama sudah pasti kacang tanah yang sudah kering tetapi masih dengan kulitnya . Bahan yang kedua pasir yang sudah diayak sebagai media perantara panas dalam penggorengan. Banyaknya pasir berbanding 1 : 3 dengan jumlah kacang tanah yang akan digoreng. Untuk peralatan yang perlu dipersiapkan adalah wajan penggorengan yang agak besar dan kompor tentunya.

Setelah semua bahan dan alat siap, langkah pertama adalah tuangkan pasir ke dalam wajan penggorengan dengan nyala api sedang. Tunggu sekitar 15 menit hingga pasir terasa hangat baru masukkan kacang tanah yang akan digoreng. Dalam proses penggorengan menggunakan pasir ini kacang tanah harus selalu diaduk agar tidak gosong. Lama penggorengan tergantung dengan banyaknya jumlah kacang yang digoreng. Untuk mengetahui kacang sudah matang atau belum bisa dicoba diambil satu untuk dicicipi.

Setelah matang, matikan api kompor dan angkat wajan. Kemudian pidahkan kacang yang sudah matang tersebut ke dalam wadah yang telah disediakan dengan menggunakan saringan untuk memisahkan pasir dan kacang. Diamkan selama beberapa menit, setelah dingin kacang dikeluarkan dari kulit luarnya satu per satu.

BSKacangTanahctt

Jangan lupa bersihkan juga kulit tipis yang menempel pada kacang goreng tersebut. Karena baru pertama kali, ada beberapa kacang tanah gosong yang rasanya pahit jika dimakan. O, iya kacang goreng sangrai seperti ini malah lebih empuk, enak dan tahan lama lho. Dan rasanya pun gak kalah dengan kacang-kacang yang dijual di minimarket dan supermarket. Menurut saya, kacang tanah goreng sangrai ini juga bisa menjadi peluang usaha kecil bagi yang ingin berwiraswasta.

tipskacangtanahctt

Selesai sudah, tinggal kita masukkan ke wadah untuk disajikan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€
Maaf, no picture = ……. ๐Ÿ˜€

gambar: google images

Iklan

12 pemikiran pada “Belajar Membuat Kacang Tanah Goreng Sangrai A’la Bapake Salma

  1. Maturnuwun, sangat bermangpaat. Barusan dapet kiriman KAcang Tanah Kering dari Purworejo. Mau diapakke yoo…Di sangarai ah…akhirnya mBah Google mengarahkan saya ke sini..Maturnuwun

    Suka

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s