Jauhkan Motormu dari Serangan Tikus

Alhamdulillah hari selasa kemarin, kantor diliburkan karena terjadi pemadaman listrik oleh PLN dari pagi sampai sore. Namun, kita sebagai karyawan diwajibkan untuk mengganti jam setiap harinya selama seminggu penuh. Ngalamat lembur terus nih. 😦
Agenda liburan sehari kemarin saya gunakan untuk membersihkan si prengus. Baru mau dibersihkan pas ngecek lampu sein, lho lampu sein belakang sebelah kanan kok mati. Jadinya ya harus bongkar bodi samping kanan dan kiri dan juga harus melepas jok motor.

Camera 360

Camera 360

Ternyata eh ternyata, ketika mengangkat jok, ada seekor tikus kecil yang sedang berdiam diri di sela-sela bodi motor dan jok. Tikus kecil itu langsung berlari meninggalkan tempatnya ketika tahu jok motor tersebut saya angkat.

Camera 360

Dan setelah saya telusuri ternyata penyebab matinya lampu sein belakang sebelah kanan adalah karena kabel yang menuju ke lampu sein tersebut putus. Putusnya kabel tersebut juga diakibatkan oleh gigitan tikus. Berikut ini penampakan kabel yang digigit oleh tikus.

Camera 360

Setelah saya perbaiki Alhamdulillah lampu sein belakang sebelah kanan sudah normal lagi. Lanjut lagi ke bagian lampu belakang. Sudah menjadi ciri khas motor yang berusia lanjut, bahwa vibrasi bodi motor menjadi hal yang lumrah. Yang paling parah ada vibrasi di lampu belakang si prengus, ketika diajak jalan, vibrasinya terasa sekali sehingga menimbulkan suara yang tidak enak didengar. Klotok….klotok……klotok….. begitulah bunyi vibrasinya.

Camera 360

Akhirnya seperti cara ki salim dalam mengobati vibrasi pada bodi motor, saya pakai karet bekas ban dalam untuk meredam vibrasinya dengan cara mengelemnya di bagian bawah lampu. Setelah selesai, saya coba tes jalan vibrasi pada lampu belakang berkurang sekitar 70 %. Yah, lumayan lah daripada tidak diberi karet.

Iklan

16 pemikiran pada “Jauhkan Motormu dari Serangan Tikus

  1. Ping balik: Hati-Hati Saat Menstandarkan Motor, Pastikan Tempat Pijakan Rata dan Kuat | Budi_Sant | Bapak'e Salma

  2. idem, soal tikus, pernah menggerogoti GL-max saia dulu, akhirnya, ya bongkar-bongkar motor+gudang tempat motor 😦
    hasilnya??? dapet 3 ekor 😆

    Suka

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s