Bermain Gasing Bluluk

Kelapa yang masil kecil atau dalam bahasa jawanya ”bluluk kambil” ketika saya masih kecil sering digunakan untuk membuat mainan tradisional sederhana yang bernama gasing bluluk.

Minggu pagi kemarin ketika jalan-jalan pagi bersama putri saya, tanpa disengaja ada dua ”bluluk kambil” yang jatuh dari pohon kelapa. Saya langsung teringat ketika masih kecil sering bermain menggunakan ”bluluk kambil”. Oleh saya, ”bluluk kambil” tersebut saya ambil dan saya ajak putri saya untuk pulang membuat mainan dari ”bluluk kambil” tersebut.

Cara pembuatannya cukup mudah dan tidak memerlukan alat yang bermacam-macam. Hanya membutuhkan ”bluluk kambil” itu sendiri, potongan lidi kelapa, dan juga karet gelang. Langkah pertama kupas kulit yang menutupi bagian atas ”bluluk” tersebut. Kemudian ambil potongan lidi sepanjang kurang lebih 7-10 cm dan tusukkan pada bagian atas bluluk yang masih empuk sampai tersisa kurang lebih 4-5 cm di atasnya. Lalu ambil satu karet gelang dan putuskan agar karet berbentuk panjang. Setelah itu ikatkan karet gelang ke lidi yang sudah menancap di atas ”bluluk”. Selesai sudah, sekarang tinggal memainkannya.

"IMG_20140921_064602"

"IMG_20140921_064728"

"IMG_20140921_064740"

O, iya, ketika saya kecil gasing bluluk ini sering diadu dengan gasing bluluk milik teman lainnya. Bluluk yang berhenti berputar terlebih dahulu, maka dialah yang kalah.

Sekarang ini jarang sekali atau bahkan tidak ada kita temui anak-anak kecil bermain mainan seperti ini. Sayang sekali, permainan-permainan tradisional ini harus semakin tergerus oleh perkembangan teknologi yang pesat.

Untuk cara memainkannya coba perhatikan video berikut yang saya rekam kemarin.

Advertisements

15 thoughts on “Bermain Gasing Bluluk”

Monggo Silakan Berkomentar