Merubah Tampilan Helm Jadul Seperti Baru dengan Modal 20 Ribu Rupiah

IMG_2256

Helm di atas adalah helm satu-satunya yang saya miliki. Saya beli tahun 2007 dengan merek takachi yang harganya pada waktu itu 120 ribu rupiah. Helm inilah yang selalu menemani saya selama kurang lebih 8 tahun ini ketika berkendara menggunakan motor. Karena umurnya yang sudah tidak muda lagi maka warna cat pada permukaan helm pun sudah mulai pudar dan juga timbul retak-retak pada permukaan helm juga.

Karena kasihan dengan kondisi helm tersebut, akhirnya saya ingin merestorasi helm itu dengan memberikan tampilan warna baru. Mampir ke toko bahan bangunan untuk membeli 1 buah pilox warna mat black dan amplas halus secukupnya. Pilox beserta amplas tersebut saya tebus dengan hanya 20 ribu rupiah saja.

DSCF8005b

saya memilih matt black

saya memilih matt black

Berikut ini langkah-langkah pengerjaannya:

Pertama, kita lepas terlebih dahulu busa yang terdapat pada bagian helm tersebut dan juga mika kaca untuk menghindari agar tidak terkena cat ketika melakukan penyemprotan.

Kedua, setelah busa dan mika kaca terlepas kemudian amplas seluruh bagian permukaan helm sampai benar-benar rata dan halus. Setelah itu cuci dengan air seperlunya dan jemur selama kurang lebih 15 menit di bawah sinar matahari supaya kering. Setelah kering, lap dengan kain yang lembut sampai bersih dan tidak ada debu-debu yang menempel pada permukaan helm.

Ketiga, setelah helm siap, sediakan kayu atau bahan yang lainnya sebagai penyangga helm ketika melakukan penyemprotan. Letakkan helm di atas penyangga tersebut. Setelah itu, baru kita lakukan penyemprotan dengan menggunakan pilox. Ketika menyemprot jangan terpusat pada satu titik, usahakan selalu digerak-gerakkan ke bagian yang lain secara merata. Penyemprotan dilakukan dalam beberapa lapis untuk menghasilkan warna yang bagus. Saya melakukannya sebanyak 3 kali penyemprotan/pelapisan.

fokus pada helmnya abaikan background dan kandang ayamnya :D

fokus pada helmnya abaikan background dan kandang ayamnya πŸ˜€

ini yang saya gunakan untuk penyangga helm :D

ini yang saya gunakan untuk penyangga helm πŸ˜€

Setelah selesai penyemprotan diamkan helm selama kurang lebih 10 menit agar cat yang menempel pada helm benar-benar kering sempurna. Setelah kering, pasang kembali busa dan mika kaca pada tempatnya dan helm pun nampak terlihat lebih baru hanya dengan modal 20 ribu rupiah.

abaikan model dan backgroundnya ya :D

abaikan model dan backgroundnya ya πŸ˜€

Mirip the Stig belum ya :D

Mirip the Stig belum ya πŸ˜€

Semoga kepingin. πŸ˜€

Iklan

29 pemikiran pada “Merubah Tampilan Helm Jadul Seperti Baru dengan Modal 20 Ribu Rupiah

  1. Ping balik: Yamaha NMax Ini Tampak Gagah dengan Side Box dan Spion Lipat | Cahbrogo

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s