Musim Panen Padi

Bulan-bulan ini merupakan bulan bahagia bagi para petani padi di daerah tempat tinggal saya. Karena padi-padi yang telah mereka tanam sejak sekitar tiga bulan yang lalu kini sudah dapat dipanen. Hal ini pun juga menjadi berkah bagi para pemanen padi.

DSCF8107

Mereka tergabung dalam satu kelompok yang jumlahnya antara 10 sampai dengan 15 orang. 1 orang bertugas memasukkan tanaman padi ke dalam mesin (biasanya ketua kelompok), 1 orang bertugas memasukkan gabah (padi yang sudah lepas dari batangnya) ke dalam karung sak, sedangkan sisanya ngerit menggunakan sabit.

Dalam sehari rata-rata mereka bisa memanen padi sampai 4 patok sawah. Dalam 1 patok sawah mereka mematok bayaran sebesar 450 ribu rupiah. Dari pendapatan tersebut kemudian dibagi rata sejumlah anggota dan ada anggaran untuk perawatan mesin dan pembelian bahan bakar mesin tersebut.

DSCF8110

DSCF8111

Foto-foto tersebut saya ambil ketika menjemur padi di selepan di dekat rumah.

DSCF8126

Iklan

9 pemikiran pada “Musim Panen Padi

    • iya mas, itu rencananya nanti jadi jembatan untuk penghubung desa. Tapi banyak juga yang protes soalnya jembatane penghubung itu terlalu tinggi terutama bagi para pesepeda. Sampai sekarang juga jembatane masih seperti itu, belum ada tindak lanjutnya lagi

      Suka

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s