Mengenal Mbah Sadiman, Pejuang Lingkungan Hidup Nominator Kick Andy Heroes 2016 dari Wonogiri

Mbah Sadiman, Kick Andy Heroes 2016 Pejuang Lingkungan Hidup dari Wonogiri

Tubuhnya memang sudah tidak muda lagi, bahkan rambutnya sudah memutih, dan keriput sudah lama muncul di wajahnya. Namun, semangat beliau ini perlu kita apresiasi. Beliau adalah Mbah Sadiman, kakek berusia 64 tahun ini menjadi salah satu kandidat Kick Andy Heroes 2016. Beliau layak mendapatkan nominator Kick Andy Heroes 2016 karena kepeduliannya terhadap lingkungan hidup.

Berawal pada tahun 1995 ketika beliau merasakan suhu udara di desanya semakin hari semakin panas dan debit air di sungai terus berkurang, padahal desa tersebut merupakan desa yang berada di perbukitan. Akibat kekurangan air tersebut, banyak warganya yang terserang berbagai penyakit seperti gatal-gatal pada kulit dan diare.

Hati nuraninya pun terketuk, beliau mulai menanam pohon beringin serta bibit pohon penyerap air lainnya secara terus menerus. Walaupun banyak cemoohan dari orang-orang di sekitarnya, namun beliau tidak pernah putus asa.

Penduduk Dusun Dali, Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto Wonogiri ini menanami bukit yang gundul akibat kebakaran dan penebangan liar selama hampir 20 tahun lamanya. Beliau ini melakukan reboisasi di hutan milik Perhutani di Bukit Gendol dan Ampyangan tanpa meminta upah sepeser pun. Beliau ini rela menggunakan uangnya sendiri untuk membeli bibit pohon yang harganya sekitar 50 ribu sampai 100 ribu per buah.

Sampai saat ini, sekitar 11.000 pohon sudah beliau tanam di areal seluas hampir 100 hektar lahan milik Perhutani. Pohon-pohon yang beliau tanam diantaranya pohon beringin, lamtoro, dan tumbuhan lainnya. Tidak hanya menanaminya, beliau juga merawat dan memelihara tanaman-tanaman tersebut. Apabila ada pohon yang mati, beliau menggantinya dengan bibit yang baru. Walaupun jarak yang harus beliau tempuh untuk merawat pohon-pohon tersebut sekitar 3 kilometer jauhnya.

Berkat usahanya tersebut, kini keadaan di desa sekitar tempat tinggalnya mulai membaik. Sejumlah mata air mulai kembali mengalir dan ketersediaan air bersih tercukupi serta dapat menghidupi sekitar 3.000 lebih jiwa.

Bagi yang ingin mendukung beliau, bisa dilakukan dengan cara berikut ini. Karena saya juga orang wonogiri, walaupun hanya dengan tulisan ini. Saya dukung beliau sebagai Kick Andy Heroes 2016.

Mbah Sadiman, Kick Andy Heroes 2016 Pejuang Lingkungan Hidup dari Wonogiri 2

Sumber gambar: @kickandyshow

Referensi: solopos.com

Iklan

8 pemikiran pada “Mengenal Mbah Sadiman, Pejuang Lingkungan Hidup Nominator Kick Andy Heroes 2016 dari Wonogiri

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s