Wacana Pemekaran 3 Kecamatan di Boyolali

boyolali

Ada tiga kecamatan di Boyolali yang diusulkan untuk dilakukan pemekaran wilayah. Tiga kecamatan tersebut antara lain Musuk, Ampel, dan Wonosegoro. Wacana untuk memekarkan tiga kecamatan tersebut sebenarnya sudah lama ingin dilakukan. Namun, pemkab boyolali membutuhkan waktu agar ketika kecamatan tersebut memenuhi syarat sebagai wilayah untuk dapat melakukan pemekaran.

Wacana pemekaran ketiga kecamatan tersebut berdasarkan usulan dari masyarakat sendiri yang menilai bahwa kondisi kecamatan yang sekarang dengan jumlah penduduk, luas kecamatan, dan jumlah desa yang terlalu banyak. Kondisi inilah yang menjadi keluhan beberapa masyarakat yang tinggalnya jauh dari kantor kecamatan karena untuk mengurus kependudukan ke kecamatan terlalu jauh dan tidak efektif.

Diharapkan pemekaran ketiga kecamatan tersebut bisa rampung dalam tahun ini. Dan juga diharapkan dengan dilakukannya pemekaran kecamatan tersebut, pembangunan di kecamatan tersebut dapat merata.

alun-alun boyolali

Mengenai nama dari kecamatan hasil pemekaran, nantinya akan diserahkan kepada masyarakatnya sendiri nama yang paling cocok untuk digunakan. Kecamatan Musuk dan Ampel masing-masing sudah memiliki 20 desa. Apabila dimekarkan maka nantinya setiap kecamatan minimal memiliki sepuluh desa sesuai dengan syarat yang ditetapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Namun berbeda dengan Kecamatan Wonosegoro, yang jumlah desanya hanya 18 desa sehingga jika nantinya dimekarkan maka masing-masing dua kecamatan terdapat sepuluh dan delapan desa. Kecamatan yang baru memiliki delapan desa tersebut akan digenapkan menjadi sepuluh desa dengan cara menggabungkan dua desa yang ada di wilayah Kecamatan Kemusu untuk bergabung dengan Kecamatan Wonosegoro.

diolah dari: solopos.com

Iklan

6 pemikiran pada “Wacana Pemekaran 3 Kecamatan di Boyolali

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s