Nasib Trotoar dan Pejalan Kaki

Nasib Pejalan Kaki

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya di sini, bahwa sekarang ini di kota-kota besar trotoar sudah berubah fungsi yang dari awalnya bagi para pejalan kaki. Trotoar yang dari awal dibangunnya diperuntukkan bagi para pejalan kaki, sekarang sudah banyak beralih fungsi. Mulai trotoar digunakan sebagai tempat untuk berjualan, untuk parkir motor maupun mobil, dan yang lebih sadis lagi adalah trotoar digunakan para pengendara motor untuk menghindari kemacetan.

Sebenarnya banyak para pejalan kaki yang protes dengan beralih fungsinya trotoar tersebut. Namun, nampaknya demi alasan untuk mencari penghasilan mereka menghiraukan keluhan para pejalan kaki.

Trotoar untuk Berjualan

Satu contoh yang sering kita jumpai adalah trotoar digunakan sebagai tempat untuk berdagang. Ini adalah masalah klasik dengan alasan para pedagang tidak memiliki tempat yang layak untuk berjualan sehingga mereka menggunakan trotoar untuk tempat mereka berjualan.

Mobil Parkir di Trotoar

Contoh yang lain adalah trotoar dijadikan sebagai tempat parkir kendaraan. Ini sebenarnya yang harusnya menjadi perhatian karena pertambahan jumlah kendaraaan tidak diimbangi dengan perluasan jalan dan tempat parkir yang mencukupi. Akhirnya trotoar pun menjadi korbannya, digunakan sebagai tempat parkir.

Contoh yang lain adalah trotoar digunakan para pengendara sepeda motor untuk menghindari kemacetan. Ini masih berhubungan dengan pertambahan jumlah kendaraan yang tiap tahunnya bertambah sangat banyak. Namun, tidak diimbangi dengan pelebaran jalan ataupun penambahan ruas jalan baru. Akibatnya sering terjadi kemacetan panjang dan trotoar pun menjadi korbannya lagi.

Kesemua hal di atas berhubungan dengan perilaku masyarakat kita yang belum sadar atau tidak mau tahu akan fungsi dari trotoar itu sendiri.

sumber:@trotoarian

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Nasib Trotoar dan Pejalan Kaki

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s