Ini Tanda-Tanda Shockbreaker Sepeda Motormu Sudah Mulai Rusak

shockbreaker ohlins (naikmotor.com)

sumber: naikmotor.com

Shockbreaker merupakan komponen penting pada sepeda motor. Shockbreaker berfungsi untuk meredam getaran ketika berkendara. Shockbreaker juga sebagai penyangga rangka motor dan sekaligus pengendara. Shockbreaker yang nyaman adalah shockbreaker yang pegasnya masih berfungsi dengan baik sehingga biker merasa nyaman ketika berkendara.

Adapun tanda-tanda ketika shockbreaker sudah harus mulai diganti atau harus diperbaiki adalah sebagai berikut.

Untuk Shockbreaker belakang amblas ketika dipakai berboncengan

Shockbreaker amblas merupakan salah satu pertanda bahwa shockbreaker itu sudah saatnya untuk diganti. Penggantian sebaiknya juga diganti dengan shockbreaker ori dari pabrikan karena kualitasnya sudah terbukti. Boleh juga membeli shockbreaker aftermarket, namun harus perlu dipertimbangkan juga kualitas dan riwayat pemakaian konsumen merek shockbreaker tersebut.

shockbreaker ohlins (ecs7.tokopedia.net)

sumber: tokopedia

Gaya pegas sudah berkurang atau terasa keras

Ini tanda yang sangat mudah bagi kita untuk mengetahui bahwa shockbreaker sudah saatnya untuk diganti. Apabila daya pegas dari shockbreaker sudah berkurang drastis atau sudah terasa keras, shock sudah harus diganti.

Roda belakang seakan bergoyang-goyang ketika berkendara

Roda belakang seakan bergoyang-goyang juga merupakan salah satu tanda bahwa shockbreaker perlu segera diganti. Namun, kadang kala roda belakang yang seakan bergoyang-goyang juga bukan hanya karena shock tetapi juga bisa terjadi karena faktor yang lainnya.

Mencul rembesan oli

Ketika shockbreaker sudah muncul rembesan oli, ada pertanda bahwa seal shock bocor ataupun shock perlu diganti. Segera saja dibawa ke bengkel motor langganan untuk mengetahui penyebab pasti dari rembesan oli di shockbreaker.

Itu tadi beberapa tanda bahwa shockbreaker motor kita perlu diganti atau diperbaiki. Jika ada kekurangan monggo ditambahi, mohon koreksinya. Semoga bermanfaat.

Iklan

7 pemikiran pada “Ini Tanda-Tanda Shockbreaker Sepeda Motormu Sudah Mulai Rusak

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s