Penemuan Arca dan Benda Purbakala di Dukuh Gunung Wijil Kecamatan Ngemplak Boyolali

Penemuan Arca Gunung Wijil Giriroto Ngemplak Boyolali

Areal persawahan di Dukuh Gunung Wijil, Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali mendadak ramai oleh para pengunjung beberapa hari ini. Hal ini lantaran di areal persawahan tersebut ditemukan sejumlah benda purbakala yaitu dua arca, dua yoni, batu dengan relief wayang, serta beberapa tumpukan batu bata kuno. Benda-benda purbakala tersebut ditemukan oleh seorang warga bernama Sumarno.

Penemuan benda-benda tersebut berawal dari Sumarno yang merasa penasaran ketika menemukan batu kebo di lahan miliknya. Kemudian Sumarno terus menggali tanah di sekitar penemuan batu kebo tersebut dan kemudian menemukan dua arca yakni Arca Mahakala dan Arca Nandeswara. Kemudian disusul dengan ditemukannya dua yoni, batu dengan relief wayang, dan struktur bangunan dari batu bata kuno.

Setelah penemuan beberapa benda tersebut kemudian Sumarno melapor ke Museum Arca Boyolali dan kemudian beberapa hari kemudian petugas dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jateng memeriksa lokasi penemuan.

Sampai saat ini banyak warga yang penasaran dengan penemuan benda-benda purbakala tersebut. Tak hanya dari warga sekitar, warga di luar wilayah kecamatan Ngemplak pun juga berdatangan untuk menyaksikan lokasi penemuan benda-benda purbakala tersebut.

Warga setempat pun berinisiatif untuk memasang papan penunjuk arah menuju lokasi penemuan dan menarik iuran seikhlasnya untuk para pengunjung yang datang melihat lokasi penemuan benda purbakala tersebut.

Sumber gambar: grup FB ICS

Iklan

5 pemikiran pada “Penemuan Arca dan Benda Purbakala di Dukuh Gunung Wijil Kecamatan Ngemplak Boyolali

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s