Ancaman Bahaya Dibalik Penggunaan Peninggi Shock

DSCF8164

Modifikasi memang sekarang merupakan hal yang wajib bagi para pemilik motor. Konsumen merasa kurang puas dengan tampilan maupun part komponen asli dari pabrikan. Beragam modifikasi pada motor pun dilakukan untuk memenuhi nafsu kepuasan oleh pemilik motor.

Salah satu modifikasi yang saat ini sangat diminati adalah modifikasi ala motor adventure atau motor touring. Nah, agar tampilan motor terkesan sebagai motor adventure maka ada beberapa ubahan pada shock depan maupun shock belakang yaitu dengan menggunakan peninggi shock.

Namun, tahukah bahwa penggunaan peninggi shock akan dapat membahayakan motor itu sendiri apabila kita tidak cermat dalam memilih peninggi shock. Bahaya-bahaya yang dapat terjadi dari penggunaan peninggi shock di antaranya sebagai berikut.

Peninggi shock rawan patah karena kualitas bahan kurang baik

Inilah yang sering terjadi ketika kita menggunakan peninggi shock yang kualitasnya kurang baik. Hal ini tentunya akan membahayakan pemilik dan juga motornya sendiri. Karena apabila tiba-tiba shock patah saat berkendara tentu saya rider akan kaget dan mungkin juga dapat mengakibatkan terjatuh.

Perubahan sudut kemiringan shock mengakibatkan shock mudah patah

Perlu diketahui, sebenarnya pabrikan sudah memperkirakan sudut aman kemiringan shock. Pabrikan pun juga membekali shock ori dengan pengaturan ketinggian dalam batas aman. Namun apabila kita menambah ketinggian menggunakan peninggi shock tentunya sudut kemiringan akan bertambah dan inilah yang dapat mengakibatkan shock mudah patah. Terlebih lagi jika beban shock terlalu berat.

Kenyamanan dalam berkendara berkurang

Ketika telah menambah peninggi shock, maka riding position dan ergonomi pun juga akan berubah. Nyaman atau tidaknya tergantung rider yang memakai. Berubahnya posisi riding dapat berakibat juga pada tubuh kita, misalnya punggung cepat pegal dan lainnya. Kalau saya pribadi sih lebih nyaman mengendarai motor asli pabrikan tanpa ada perubahan. Karena pabrikan tentunya sudah memperhitungkan riding position yang pas untuk pengendara.

Iklan

8 pemikiran pada “Ancaman Bahaya Dibalik Penggunaan Peninggi Shock

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s