Mengenal Yamaha DT 100, Motor Enduro Yamaha Era 70an

yamaha dt 100

Pabrikan motor di Indonesia sekarang ini terus saja mengeluarkan produk-produk di segmen matic, bebek super, sport, dan sport fairing. Namun sangat jarang pabrikan yang mengeluarkan motor baru di segmen trail/enduro. Sebenarnya peminat dari motor enduro ini sangat banyak, namun mengapa tampaknya para pabrikan motor di Indonesia lebih asyik bermain di segmen motor matic dan sport.

Era 70an malah merupakan di mana era berjayanya motor-motor enduro/trail. Motor-motor enduro tersebut sudah menjelajah dan menerobos jalanan-jalanan berlumpur dan berbatu khas daerah pedalaman di Indonesia.

yamaha dt 100 b

Banyak pabrikan motor di Indonesia yang memproduksinya. Di Suzuki ada suzuki TS 100 bermesin 2 tak, Yamaha ada DT 100 yang juga bermesin 2 tak, dan Honda juga mengeluarkan motor andalannya yaitu XL 100 bermesin 4 tak.

Dari ketika jenis motor tersebut, saya ingin membahas tentang Yamaha DT 100 yang merupakan motor enduro/trail dari Yamaha. Yamaha DT 100 pada awal kemunculannya merupakan hasil bawaan langsung dari pabrik Yamaha di Jepang. Yamaha terakhir kali menjual produk berkonsep motor trail pada tahun 1996, yang saat itu bernama Yamaha YT dengan produksi yang sangat terbatas.

Baca juga:

yamaha dt 100 c

Spesifikasi teknis dari Yamaha DT 100 yaitu berteknologi mesin 2 tak dan berkapasitas mesin 97 cc 1 silinder berpendingin udara. Memiliki transmisi 5 kecepatan dan tangki bahan bakar mampu menampung sebanyak 6 sampai 7 liter bahan bakar.

Untuk bagian kelistrikan ditopang dengan aki berkapasitas 6 volt dan untuk pengapiannya masih mengadopsi platina. Motor Yamaha DT 100 ini memiliki berat kosong sekitar 93 kg. Untuk karburator memakai mikuni vm20, bore x stroke 52 x 45,6 mm. Untuk menghidupkan mesin masih menggunakan manual stater.

yamaha dt 100 d

Itu tadi beberapa spesifikasi teknis dari Yamaha DT 100. Semoga saja di tahun-tahun yang akan para pabrikan di Indonesia menghidupkan kembali motor-motor enduro yang pernah jaya di tahun 70an atau mungkin bahkan menghasilkan produk baru motor enduro untuk para pecinta motor trail/enduro di Indonesia.

Baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

Iklan

3 pemikiran pada “Mengenal Yamaha DT 100, Motor Enduro Yamaha Era 70an

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s