Ini Alasan Kenapa Kabupaten Wonogiri Dijuluki Sebagai Kota Gaplek

Kabupaten Wonogiri terkenal dengan wilayahnya yang mayoritas berbukit, tanahnya berkapur dan berbatu. Itulah mengapa alasannya banyak masyarakat di Wonogiri yang memilih merantau berdagang di luar daerah daripada bercocok tanam atau menjadi petani. Apalagi pendapatan dari hasil merantau jauh lebih banyak dibanding dengan berkebun dan bertani di Wonogiri. Para perantau di Wonogiri kebanyakan sebagai pedagang Bakso dan Mie Ayam serta berjualan Jamu. Itulah mengapa Wonogiri juga terkenal dengan baksonya.

Selain terkenal dengan baksonya, Kabupaten Wonogiri juga terkenal dengan sebutan Kota Gaplek. Ini dikarenakan wilayah dataran di Kabupaten Wonogiri yang berbukit dan berbatu membuat sebagian wilayah di Wonogiri tidak cocok untuk pertanian. Sehingga alternatifnya adalah dengan berladang atau berkebun.

singkong

Tanaman yang dapat ditanam di antaranya jagung, kacang tanah, dan singkong. Singkong biasanya ditanam dengan sistem tumpang sari berbarengan dengan kacang tanah ataupun jagung. Produksi singkong di Kabupaten Wonogiri tiap tahunnya dapat mencapai sekitar lebih dari 1 juta ton singkong. Itulah alasan mengapa Kabupaten Wonogiri disebut sebagai Kota Gaplek dikarenakan dahulu mayoritas makanan pokok masyarakatnya adalah tiwul, olahan dari singkong yang sudah dikeringkan (gaplek).

gaplek

ini yang namanya gaplek (singkong yang dikeringkan)

Nasi-Tiwul-tokomesin

ini yang namanya tiwul (tokomesin.com)

Selain diolah sebagai tiwul, singkong juga dapat diolah menjadi gatot, tape, gethuk, tepung, atau juga yang sedang ngetrend adalah singkong keju. Karena singkong dapat diolah menjadi berbagai macam hasil olahan, maka masyarakat di Wonogiri tetap mempertahankan menanam singkong sampai saat ini untuk menambah penghasilan. Namun, sekarang ini kebanyakan singkong yang sudah layak dijual oleh petani kepada para tengkulak dan nantinya singkong-singkong tersebut akan di salurkan ke industri pabrik pembuatan tepung tapioka di Ngadirojo.

 

 

Iklan

10 pemikiran pada “Ini Alasan Kenapa Kabupaten Wonogiri Dijuluki Sebagai Kota Gaplek

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s