Agrowisata Sondokoro, Wisata di tengah-tengah Pabrik Gula Tasikmadu

Agrowisata Sondokoro 1

Untuk warga di sekitar Solo pasti tidak asing dengan agrowisata Sondokoro. Agrowisata Sondokoro merupakan sebuah tempat rekreasi yang memadukan taman, tempat bermain, dan sejarah pabrik gula Tasikmadu. Agrowisata Sondokoro wilayahnya masuk di Kabupaten Karanganyar yang jaraknya sekitar 15 km dari Kota Solo.

Seperti yang kita ketahui bahwa Pabrik Gula Tasikmadu merupakan satu-satunya pabrik penggilingan tebu yang masih aktif sampai saat ini di wilayah Karanganyar.

Pada hari Kamis 5 Mei 2016, saya bersama anak dan istri berkesempatan untuk menikmati suasana kenyamanan Agrowisata Sondokoro. Sebelumnya, saya belum pernah dan belum tahu jalan menuju ke Agrowisata Sondokoro ini. Namun berbekal penunjuk jalan akhirnya sampai juga ke tempat tersebut.

Pertama kali sampai yang saya amati adalah bentuk bangunan-bangunan yang terdapat di kawasan pabrik gula tersebut. Bangunan-bangunan khas bangunan Belanda mulai dari bangunan pabrik, rumah-rumah dinas, hingga bagian kantor di dalam area pabrik gula tersebut.

Agrowisata Sondokoro 4

Tiket masuk di Agrowisata Sondokoro ini terbilang cukup murah. Hanya dengan membayar lima ribu rupiah per orangnya (usia 0 – 3 tahun tidak dikenakan tiket masuk) kita dapat menikmati suasana kesejukan dan asrinya wisata tersebut.

Berbagai wahana permainan ada di agrowisata ini, antara lain flying fox, jaring laba-laba, jembatan gantung, kolam renang, taman lalu lintas, monumen giling, terapi ikan, akuarium, gazebo, rumah pohon, dan lain sebagainya. Namun untuk menikmati beberapa wahana seperti kolam renang, terapi ikan, flying fox, dan beberapa wahana lain para pengunjung harus membayar lagi antara lima ribu sampai sepuluh ribu rupiah tiap wahana.

Agrowisata Sondokoro 10

Di sini juga kita bisa berkeliling area pabrik gula Tasikmadu dan kebun tebu di sekitar area pabrik dengan menggunakan spoor (kereta). Ada tiga spoor yang terdapat di agrowisata Sondokoro yaitu spoor teboe, spoor sakarosa, dan spoor gula. Spoor teboe dan spoor sakarosa merupakan spoor uap yang berbahan bakar kayu. Sementara untuk spoor gula menggunakan mesin diesel.

Agrowisata Sondokoro 12

Bagi yang mempunyai putra dan putri, Agrowisata Sondokoro ini bisa menjadi alternatif tempat liburan Anda bersama keluarga tercinta dengan budget yang murah.

Iklan

11 pemikiran pada “Agrowisata Sondokoro, Wisata di tengah-tengah Pabrik Gula Tasikmadu

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s