Begini Hasil Peranakan Kambing Etawa dengan Kambing Jawa

Seperti yang kita ketahui bahwa kambing etawa merupakan kambing yang mempunyai perawakan besar dan tinggi. Selain itu juga memiliki leher dan telinga yang panjang. Selain memiliki ekor yang pendek, kambing etawa juga memiliki gigi yang tidak rata. Kambing etawa terkenal karena manfaat dari susu yang dihasilkannya.

Apabila dilihat dari asal usulnya, kambing etawa berasal dari India. Lebih tepatnya berasal dari Cakarnagar, Etawah. Di India kambing etawa biasa disebut dengan nama Jamnapari. Kambing peranakan etawa (PE) merupakan yang paling terkenal di Indonesia. Kambing PE banyak dikembang biakkan di Kabupaten Purworejo tepatnya di sentra Kaligesing.

Nah, satu tahunan yang lalu bapak mertua saya memelihara pejantan kambing PE dan betina kambing jawa. Setelah beberapa bulan ditempatkan dalam satu kandang yang sama tanpa adanya ikatan pernikahan yang sah, akhirnya betina kambing jawa hamil. (kalau mau tahu siapa yang menghamili tanya juragan satuaspal.com 😀 ).

Setelah positif hamil, kemudian si betina kambing jawa ini dipisah dengan pejantan kambing PE agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan karena pejantan kambing PE ini sangat agresif 😀 . Dan akhirnya bulan April kemarin lahirlah 3 cempe (bayi kambing) yang imut-imut dan lucu setelah melalui pertolongan persalinan yang mendebarkan oleh bapak mertua saya.

Dari ketiga cempe yang lahir, ada satu cempe yang pendiam dan selalu kalah. Ketika kedua cempe yang lain menyusu kepada induknya, cempe yang satu ini diam dan kurang banyak aktivitas. Sehingga cempe yang satu ini harus dibantu dengan memberikan susu melalui dot. Setelah umur satu bulan cempe yang satu ini tampak kurus daripada dua cempe yang lain. Padahal cempe ini adalah yang pertama kali lahir.

Bagi Anda yang sedang bingung menjadi kambing untuk aqiqah maupun untuk kurban di sekitar wilayah Solo, Kartasura, Colomadu, dan Boyolali dapat menghubungi saya di nomor whatsapp 085799527160 atau invite pin bbm saya di 584E5E2A dijamin harga bersaing dengan penjual kambing yang lain di sekitar Solo.

Untuk video bagaimana tingkah polah anak-anak kambing hasil persilangan etawa dan jawa ini bersama anak saya bisa disimak pada video berikut ini.

Iklan

3 pemikiran pada “Begini Hasil Peranakan Kambing Etawa dengan Kambing Jawa

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s