Ganti Rantai Keteng/Kamrat/Timing  Megapro Primus Setelah 7 Tahun Pemakaian

Awalnya, akhir bulan Mei kemarin saya servis megapro di bengkel langganan dekat rumah. Sambil menstarter motor saya sang mekanik bilang bahwa rantai keteng sudah waktunya perlu diganti karena pada blok mesin sebelah kiri sudah terdengar suara kasar dan gemericik yang sangat mengganggu.

Karena masih tanggal tua, akhirnya ganti rantai keteng saya tangguhkan terlebih dahulu. Baru pada hari sabtu sore kemarin rantai kamrat dapat terbeli. Saya membeli rantai kamrat tersebut di sebuah toko sparepart merangkap bengkel di daerah Colomadu (lupa nama tokonya). Rantai kamrat ori dari Honda di toko ini saya beli dengan harga 78 ribu rupiah. Toko ini lumayan lengkap menyediakan sparepart –sparepart untuk motor. Walaupun letaknya dari jalan utama Colomadu-Solo masih masuk sekitar 50 m, namun banyak juga pembelinya dan tergolong rame.

rantai keteng kamrat ori honda megapro 1

rantai keteng kamrat ori honda megapro 2

Karena toko sekaligus bengkel tersebut sudah mau tutup, akhirnya motor saya bawa ke bengkel langganan dekat rumah untuk mengganti rantai kamratnya. Oli pun juga harus dikuras terlebih dahulu, dan ternyata oli sudah kotor terpaksa juga harus diganti. Proses bongkar blok mesin, ganti rantai keteng, dan pasang kembali membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 jam.

blok mesin kiri megapro 1

blok mesin kiri megapro 2

blok mesin kiri megapro 3

Setelah selesai penggantian dengan rantai kamrat yang baru, suara kasar dan berisik tadi sudah hilang. Motor pun kembali nyaman dan tidak ada lagi suara-suara berisik di blok mesin sebelah kiri. Tarikan motor pun jadi enteng karena oli pun juga sudah diganti. Bagi yang motornya pada bagian mesin ada suara kasar dan gemericik, barangkali rantai kamrat sudah waktunya untuk diganti. Segera ganti rantai kamrat kalau sudah kendor karena apabila ditunda-tunda nantinya dapat berefek pada bagian mesin yang lain.

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

Iklan

18 pemikiran pada “Ganti Rantai Keteng/Kamrat/Timing  Megapro Primus Setelah 7 Tahun Pemakaian

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s