Waspada ketika Transaksi Jual Beli secara COD, Jangan Sampai Kena Tipu

Bagi yang sering berjualan secara online tentu tahu apa yang dimaksud pembeli ketika diajak COD. COD (cash on delivery) atau ketemuan dengan calon penjual dan calon pembeli dalam hal transaksi jual beli sekarang sudah menjadi hal yang umum. Namun, ketika melakukan COD dengan penjual yang sama sekali belum kita ketahui rekam jejaknya dalam bisnis online, kita harus patut waspada, jangan sampai kita malah kena tipu mentah-mentah.

Nasib yang kurang beruntung dialami oleh sebuah akun bernama Amin Dan Azzam. Bro Amin Dan Azzam ini berbagi informasi kepada member grup Info Cegatan Solo supaya dijadikan pelajaran dan lebih berhati-hati ketika melakukan COD dengan penjual online yang belum terpercaya.

waspada ketika cod

waspada ketika cod 2

waspada ketika cod 3

Ceritanya ketika Bro Amin Dan Azzam ini melihat iklan di salah satu situs perantara jual beli online kemudian melakukan kontak dengan penjualnya. Setelah disepakati harga, kemudian Bro Amin Dan Azzam ini meminta untuk COD di suatu tempat. Setelah handphone ada di tangan bro Amin kemudian dicek dan kondisi handphone pun normal dan memang asli. Kemudian bro Amin akan menyerahkan sejumlah uang menurut kesepakatan kepada penjual yang tidak diketahui identitasnya tersebut.  

Namun ketika bro Amin mengambil uang dari tasnya, tiba-tiba penjual meminjam handphone dan berpura-pura sim cardnya tertinggal di handphone tersebut. Tanpa sepengetahuan Bro Amin, handphone tersebut ditukar dengan handphone palsu yang diisi semen. Setelah menyerahkan kembali handphone palsu kepada pembeli dan mendapatkan uangnya, penjual tersebut langsung tancap gas begitu saja.

Setelah penjual pergi jauh, Bro Amin baru sadar bahwa handphone yang dibawanya menjadi berat dan setelah dibuka isinya semen kering. Dan juga Bro Amin belum sempat mengenali penjual dan tidak mencatat plat nomer kendaraan yang digunakan penjual tersebut.

Dari cerita di atas, ketika melakukan COD yang bukan di rumah sendiri sebaiknya sebelum serah terima uang dan barang kita mintai dulu foto copy kartu identitasnya terlebih dahulu. Atau apabila menggunakan sepeda motor atau mobil kita catat dan foto nomor plat kendaraan sekaligus kita foto penjualnya. Tentunya kita juga cek dengan telilti barang yang akan kita beli. Dapat juga kita meminta bantuan teman/saudara atau yang lainnya untuk menemani ketika bertemu dengan penjual. Dan sebaiknya COD dilakukan di tempat yang ramai apabila tidak di rumah pembeli/penjual.

Iklan

10 pemikiran pada “Waspada ketika Transaksi Jual Beli secara COD, Jangan Sampai Kena Tipu

  1. Kalau pesan barang ke saya malah saya minta dibayar dulu loh Mas… Baru pesanan saya kirim. Tapi alhamdulillah semua karena pertolongan Allah selama ini lancar jaya….
    Ngapusi ki dosa yang menyebabkan rejeki menjadi haram dan menyebabkan pelakunya masuk neraka…
    Buat yang jadi korban yo sing sabar… Doakan saja pelakunya diberi hidayah dan bertobat…

    Suka

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s