Bus Damar Sasongko, Bus Pedesaan yang Masih Eksis sampai Sekarang ini

damar sasongko solopos

bus damar saat kecelakaan (sumber solopos)

Di tengah kemajuan zaman yang terus berkembang, bus-bus pedesaan semakin terpinggirkan dan tak jarang berhenti untuk beroperasi. Ini dikarenakan oleh banyaknya masyarakat yang beralih menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas sehari-hari. Bus-bus pedesaan sekarang ini hanya tinggal kenangan di beberapa daerah. Namun ada juga bus-bus pedesaan yang tetap bertahan, salah satunya adalah bus damar sasongko yang memiliki trayek melewati Kota Solo, Sukoharjo, Wonogiri, dan Karanganyar.

Perpaduan warna biru tua di bagian atas dan warna hijau tua di bagian bawah menjadi ciri khas dari bus Damar Sasongko. Kadang kala saya sering berpapasan dengan bus ini ketika berangkat kerja dari rumah di Wonogiri karena jalur yang saya lewati dengan jalur bus damar sasongko jalurnya sama. Rute bus damar sasongko setelah dari terminal sukoharjo adalah melewati songgorunggi-mento-kepis-klerong-dan terakhir terminal jatipuro.

Pagi-pagi sekali bus ini sudah beroperasi. Pukul 05.30 WIB sudah banyak pelajar sekolah di sepanjang jalur bus damar sasongko yang berdiri di pinggir jalan untuk menunggu kedatangan bus tersebut. Karena jika naik bus berikutnya para pelajar ini akan terlambat masuk sekolah dikarenakan bus selanjutnya jaraknya sekitar setengah jam lebih dari bus pertama tadi. Umumnya para pelajar tersebut bersekolah di sekitar Sukoharjo kota. Selain para pelajar, pengguna bus damar sasongko juga dari para pedagang maupun masyarakat yang akan pergi ke pasar di Sukoharjo.

damar sasongko timlo

bus damar juga saat kecelakaan (sumber: timlo.net)

Dari beberapa bus damar sasongko yang pernah saya jumpai dan saya naiki kondisinya seperti kurang adanya perawatan dan perbaikan di interiornya seperti kursi penumpang yang bolong dan keras, jendela kaca yang kotor, dan lain sebagainya. Warna cat di bagian luarnya pun juga terlihat kusam dengan pilihan warna biru tua dan hijau tua tersebut.  Namun bus tiga perempat damar sasongko ini patut diacungi jempol karena dapat bersaing dengan bus-bus yang lainnya sampai saat ini. Bahkan juga mampu bersaing dengan bus-bus besar jurusan Solo-Wonogiri atau Wonogiri Jakarta karena sebagaian besar jalur yang dilalui bus damar sasongko juga sama dengan jalur bus-bus besar tersebut.

maaf, gambarnya saat kecelakaan. Belum sempat foto ketika berpapasan dengan bus tersebut. Mungkin bila ada yang punya foto bus damar sasongko bisa dishare di sini.

Iklan

14 pemikiran pada “Bus Damar Sasongko, Bus Pedesaan yang Masih Eksis sampai Sekarang ini

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s