Ada Tradisi Berbagi Bubur Banjar di Masjid Darussalam Jayengan Solo Selama Bulan Ramadan

Seperti yang saya tulis di sini sebelumnya, bahwa ketika setelah saya mencicipi mie ayam pilist di jalan Gatot Subroto, saya bersama istri mampir ke masjid di sebelah warung mie ayam tersebut. Masjid itu namanya Masjid Darussalam. Nah, ketika saya memarkirkan motor di tempat parkir masjid tersebut, tiba-tiba ada bapak-bapak yang menawari saya bubur Banjar. “Mas, sudah buka puasa apa belum? Kalau belum itu ada bubur banjar untuk buka puasa.” Kata bapak-bapak tadi. Karena saya sudah buka puasa akhirnya saya jawab, “Sudah pak, matur nuwun.”

Masih ada beberapa piring bubur banjar yang berjejer di atas meja panjang di halaman masjid Darussalam tersebut. Ada beberapa orang juga yang masih menikmati bubur banjar yang duduk di halaman masjid. Selain ada bubur banjar, juga ada ketel-ketel air yang isinya kopi susu gratis bagi para jamaah yang kebetulan salat Magrib di masjid tersebut.

Tradisi Bagi-Bagi Bubur Banjar Masjid Darussalam Jayengan Solo

Usut punya usut, ternyata masjid Darussalam yang letaknya di Jayengan ini sudah menjadi tradisi bahwa apabila pada bulan Ramadan selalu membagi-bagikan bubur Banjar secara gratis kepada jamaah salat Magrib dan masyarakat sekitar masjid. Tradisi membagi-bagikan bubur Banjar ini sudah berlangsung sejak sekitar tahun 1930, namun dulunya hanya diperuntukkan untuk jamaah yang dulunya masih langgar/mushola tersebut. Kemudian baru pada tahun 1985, tradisi ini terbuka untuk masyarakat umum yang ingin menikmati rasa bubur Banjar dengan datang ke masjid tersebut.

Setiap harinya panitia menghabiskan sekitar 50 kg beras untuk membuat bubur Banjar sebanyak 1.100 porsi yang peruntukannya 950 porsi untuk masyarakat sekitar dan 150 porsi untuk takjil bagi jamaah yang kebetulan Salat Magrib di Masjid Darussalam tersebut.

sumber gambar: surakarta.go.id

Iklan

13 pemikiran pada “Ada Tradisi Berbagi Bubur Banjar di Masjid Darussalam Jayengan Solo Selama Bulan Ramadan

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s