Hati-Hati Ketika Akan Modifikasi Kelistrikan Motor

Ceritanya tadi pagi sebelum berangkat kerja mau nganter anak saya berangkat sekolah. Baru di depan teras rumah tiba-tiba ada motor megapro hiu dari arah Asrama Haji berjalan pelan karena di bagian bawah jok mengeluarkan asap putih yang banyak. Pengendara megapro tersebut kemudian berhenti dan mengecek motornya yang mengeluarkan asap putih tersebut. Nampaknya pengendara megapro ini sedang berangkat kerja dan untuk umurnya sekitar 20 tahunan.

Pengendara tersebut langsung turun dan setengah berlari mendatangi saya untuk meminjam kunci pas. Kemudian langsung saya carikan kunci pas dan setelah itu dibuka tutup bodi samping yang menutupi bagian aki. Sebelumnya juga datang tetangga depan rumah yang membawakan air untuk menyiram bodi motor yang mengeluarkan asap tersebut. Setelah disiram dengan air terdengar sesuatu yang berbunyi nampaknya sekering yang putus.

Langkah pertama langsung cabut salah satu kabel aki dan kemudian menyiram dengan air bagian-bagian yang masih mengeluarkan asap. Setelah itu, keran bensin ditutup dan kemudian baut tangki dilepas dan diangkat. Setelah bagian tangki diangkat, ternyata kabel kelistrikan di bagian bawah tangki hampir gosong terbakar. Usut punya usut ternyata motor megapro tersebut pernah di modifikasi di beberapa bagian kelistrikan. Kemungkinan korslet karena isolasi terkelupas dan kabel telanjang menyentuh bodi/rangka motor maupun kabel yang lain sehingga menyebabkan korsleting.

Kemudian pemilik motor tersebut saya sarankan untuk cari bengkel terdekat (bengkel langganan saya) dan dibawa ke bengkel tersebut karena kalau sudah kelistrikan gosong harus ganti yang baru dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.  Karena saya terburu-buru akhirnya saya tinggal untuk mengantar anak dan langsung berangkat kerja. Maaf gak sempat foto karena lebih mengutamakan menolong daripada memfoto.

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Hati-Hati Ketika Akan Modifikasi Kelistrikan Motor

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s