Serunya Nonton Atraksi Pesawat Aeromodelling Terbang Diatas Proyek Tol Solo-Kertosono

pesawat-tomcat-aeromodelling-solo-6

Aeromodelling merupakan hobi yang paling tidak dapat mengasah kecerdasan para pecinta hobi tersebut. Karena melalui hobi ini mereka ditantang untuk merancang dan membuat pesawat berukuran mini mulai dari bahan-bahan yang diperlukan, desain pesawat itu sendiri, berat pesawat, mesin yang digunakan, keseimbangan, dan yang tak kalah penting adalah faktor aerodinamis.

Nah, kebetulan sore hari tadi saya berkesempatan melihat dari dekat bagaimana teman-teman dari Tomcat Aeromodelling Solo sedang mengutak atik pesawat milik mereka dan yang pada akhirnya diterbangkan. Tomat Aeromodelling Solo merupakan komunitas para pecinta Aeromodelling yang ada di wilayah Kota Solo. Hampir setiap minggu sore, beberapa teman dari Komunitas ini berkumpul di salah satu ruas jalan di Proyek Tol Solo-Kertosono untuk sekedar mengutak-atik pesawat mereka dan menerbangkannya menggunakan remote control (RC).

pesawat-tomcat-aeromodelling-solo-3

pesawat-tomcat-aeromodelling-solo-4

Pemilihan ruas jalan tol sebagai tempat mereka bermain RC aeromodelling kemungkinan karena tempat ini luas dan lapang serta di kanan kirinya berupa persawahan sehingga kalau misalkan pesawat mereka kehabisan bahan bakar saat mengudara resiko jatuhnya tidak terlalu besar bila dibandingkan jatuh selain di persawahan.

pesawat-tomcat-aeromodelling-solo-1

helikopter-tomcat-aeromodelling-solo-2

Ada dua jenis RC aeromodelling yang saya lihat sore tadi yaitu pesawat bersayap dan helikopter mini. Sebelum menerbangkan RC aeromodelling, mereka merakit dan mengecek setiap bagian dari pesawat tersebut seperti bagian sayap, ekor, mesin, dan lain sebagainya. Setelah seluruh pengecekan selesai, kemudian dilakukan pengisian bahan bakar, pengisian bahan bakar menggunakan selang-selang kecil yang dipompakan masuk ke dalam tangki pesawat tersebut.

pesawat-tomcat-aeromodelling-solo-7

Untuk mesin-mesin yang digunakan dalam pesawat tersebut saya kurang begitu paham, namun salah satu pesawat dari suaranya khas seperti motor dua tak yang kemungkinan berkapasitas dibawah 100 cc. Akhirnya pesawat pun terbang dan melakukan berbagai macam manuver di udara. Sempat juga helicopter mini terbang namun akhirnya harus jatuh di areal persawahan dikarenakan kehabisan bahan bakar saat mengudara.

pesawat-tomcat-aeromodelling-solo-8

pesawat-tomcat-aeromodelling-solo-9

pesawat-tomcat-aeromodelling-solo-2

Untuk hasil video atraksi dan manuver dari pesawat-pesawat tersebut menyusul ya.

Iklan

19 pemikiran pada “Serunya Nonton Atraksi Pesawat Aeromodelling Terbang Diatas Proyek Tol Solo-Kertosono

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s