Pengalaman Kabel Kopling Megapro Putus

Hari Sabtu kemarin saya mengadiri acara launching All New CBR250RR di The Park Mall Solobaru. Kondisi cuaca di Solobaru saat itu memang sedang hujan gerimis. Pukul 5 sore saya putuskan untuk pulang karena anak sudah menanyakan keberadaan saya. Sempat bingung dan lupa tempat parkirnya karena gedung tempat parkir hampir penuh dan tadi lupa parkir di lantai 1 atau basement.

Setelah puter-puter mengelilingi tempat parkir sampai dua kali akhirnya ketemu juga motor saya (nasib wong ndeso, ra tau parkir neng mall 😀 ). Lalu saya jalankan motor, namun baru beberapa meter motor seperti ada yang aneh, tarikan terasa berat ketika handle kompling saya lepas. Belum sempat keluar pintu gedung parkir, tiba-tiba handle kopling serasa ringan waktu saya pegang. Saya langsung berpikiran kalau kabel kopling pasti putus.

kabel-kopling-putus-otomania-com

Setelah saya cek, ternyata benar kabel kopling putus pada bagian tengah. Akhirnya saya menuju ke loket pembayaran parkir dengan menuntun motor dan keluar dari The Park Mall Solobaru. Kondisi cuaca masih gerimis dengan intensitas lebih sering, motorpun saya dorong menepi di depan sebuah ruko yang sudah tutup. Dalam hati hanya bergumam “wah, sudah sore, mana ada bengkel motor yang masih buka” .

Setelah menunggu beberapa menit akhirnya gerimis mulai reda, akhirnya saya lanjutkan mendorong motor sampai kurang lebih 1 km. Ujian selanjutnya adalah mendorong motor dengan jalan yang menanjak lumayan tinggi di daerah Joyontakan. Butuh tenaga ekstra untuk mendorong megapro dengan medan jalan seperti itu, apalagi ditambah dengan hujan rintik-rintik yang lambat laun semakin deras.

Baru sampai di atas tanjakan akhirnya saya harus turun lagi setelah diberitahu oleh pedagang di pinggir jalan bahwa di seberang jalan masih ada bengkel motor yang buka. Tidak mungkin menuntun motor melewati median jalan yang diberi pembatas tinggi. Akhirnya saya putar arah ke seberang jalan dan mendorong motor di tanjakan lagi.

Hanya butuh waktu sekitar 15an menit lah untuk melepas dan mengganti kabel kopling dengan yang baru. Ketika dilepas ternyata kabel kopling putus akibat karat pada kabel tersebut. Seharusnya untuk menjaga keawetan kabel kopling minimal sebulan sekali di bagian dalam selongsong rumah kabel kopling dilumuri oli untuk menghindari gesekan yang dapat menyebabkan kabel kopling putus.

Apalagi saat musim hujan seperti ini harus lebih ekstra perawatannya karena memang air hujan sangat mudah sekali untuk membuat kabel menjadi berkarat dan jika dibiarkan tanpa adanya perawatan maka kabel kopling dapat cepat putus.

Nah, sebaiknya untuk menghindari kejadian seperti yang saya alami di atas ada baiknya kita lebih rutin untuk merawat kabel kopling, terlihat sepele tapi jika sampai putus kita sendiri yang akan rugi dan menanggung akibatnya.

Sumber gambar: otomania.com

baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo

Iklan

16 pemikiran pada “Pengalaman Kabel Kopling Megapro Putus

  1. heee dulu sering nih putus kabel kopling, biasanya diganti punya vespa

    btw mas, kalo boleh usul, sisipan link di tengah tengah artikel jgn terlalu banyak.. biar pembaca bisa lebih fokus baca artikelnya 😀

    Disukai oleh 1 orang

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s