Mampir Sebentar ke Desa Bandengan, Sentra Olahan Bandeng di Kota Kendal

Beberapa hari lalu saya kebetulan mengantar pulang kakak beserta keluarga kecil ke rumahnya di daerah Kebondalem Kendal. Mumpung lagi di Kendal, sebelum saya kembali pulang ke Boyolali, kakak menyempatkan untuk membeli oleh-oleh khas Kota Kendal. Ada berbagai macam oleh-oleh Khas Kendal terutama yang paling terkenal adalah hasil lautnya seperti olahan bandeng dan kepiting.

Nah, pusat hasil olahan laut yang paling dekat dengan Kota Kendal adalah di Desa Bandengan, lokasinya dari Masjid Agung Kendal ke arah utara sekitar 5 kilometer. Tujuan saya adalah toko-toko di dekat Tempat Pelelangan Ikan BandenganApabila menggunakan mobil/motor hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Masjid Agung Kendal. Namun perlu kehati-hatian dikarenakan jalannya sempit dan di beberapa tempat jalannya rusak. Ketika kemarin saya melewati jalan tersebut, sungai yang berada di samping jalan menuju Desa Bandengan yaitu Sungai Kendal meluap dan di beberapa tempat menggenang ke jalan raya.

Ketika akan mendekati Tempat Pelelangan Ikan, kita akan disuguhi pemandangan perahu-perahu yang bersandar di pinggir Sungai Kendal. Namun yang disayangkan, saat kita sampai di Tempat Pelelangan Ikan, bau amis mendominasi dan sampah-sampah berserakan di pinggir jalan dan di selokan-selokan.

ini tempat pelelangan ikannya (gambar dari google maps)

tpi-bandengan-kendal

bandengan-kendal

Karena siang hari, Tempat Pelelangan Ikan sudah sepi dan hanya nampak sejumlah nelayan yang memperbaiki jalanya di emperan tempat pelelangan ikan dan nelayan lainnya yang memperbaiki perahu. Sungai Kendal yang dijadikan tempat bersandarnya perahu-perahu kecil tersebut akan bermuara ke laut.

bandengan-kendal-2

bandengan-kendal-1

Setelah melewati tempat pelelangan ikan, di sepanjang jalan akan banyak kita temui ikan-ikan kecil yang dijemur di terik matahari. Karena siang yang panas, kami tidak berlama-lama di tempat ini, kakak langsung membeli oleh-oleh berupa olahan ikan bandeng tanpa tulang beberapa bungkus di ruko depan tempat pelelangan ikan untuk dibagikan keluarga di Boyolali.

bandengan-kendal-3

baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

Iklan

9 pemikiran pada “Mampir Sebentar ke Desa Bandengan, Sentra Olahan Bandeng di Kota Kendal

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s