Melihat Perbandingan Yamaha Aerox 155 VVA dengan Honda Vario 150 eSP

Tiga hari kemarin Yamah telah membuka indent online Yamaha Aerox untuk semua tipenya. Mulai dari tipe standar, Racing Version, hingga tipe S untuk yamaha aerox yang tertinggi. Harga resminya untuk OTR Jakarta pun juga sudah dirilis untuk semua tipe tersebut. Honda telah terlebih dahulu mengeluarkan produk skutik 150 cc nya dengan menghadirkan Vario 150 eSP. Nah, Yamaha Aerox yang bermain di segmen yang sama dengan Honda Vario 150 eSP sudah dapat untuk kita perbandingkan. Mulai dari fitur, teknologi, dan lain sebagainya.

komparasi-yamaha-aerox-155-vva-vs-honda-vario-150-esp

Dimulai dari harganya, Yamaha Aerox 155 VVA versi standar atau yang paling murah on the road Jakarta dijual dengan harga Rp 21,85 juta. Selanjutnya untuk Yamaha Aerox 150 VVA R Version dijual Rp 23,75 juta dan yang terakhir adalah S Version dijual Rp 26,15 juta. Nah, untuk harga Honda Vario 150 eSP sendiri OTR Jakarta diangka Rp 21,45 juta dan sangat tepat jika kita bandingkan dengan Yamaha Aerox untuk versi standar atau yang terendah.

Yuk kita simak perbandingannya

Dari sisi tenaga yang dihasilkan, menurut klaim pabrikan Yamaha Aerox 155VVA mampu diangka 14,7 dk pada 8.000 rpm, sedangkan pada Honda Vario 150 eSP 12,5 dk pada 8.500 rpm. Lanjut lagi untuk torsi maksimal bahwa Yamaha Aerox diklaim mampu di angka 13,8 Nm di 6.250 rpm, sedangkan untuk Honda Vario 150 eSP hanya 12,8 Nm di 5.000 rpm.

Dari sisi kapasitas ruang bakar ternyata Yamaha Aerox juga lebih besar dibandingkan dengan Honda Vario 150 eSP. Yamaha Aerox di 155,1 cc sedangkan untuk Honda Vario 150 eSP di 149,3 cc. Hal ini dikarenakan bore x stroke Yamaha Aerox 155VVA lebih besar dibandingkan dengan Honda Vario 150 eSP.

Sekarang saatnya masuk ke fitur-fitur yang ada pada kedua motor tersebut. Unutk Vario 150 eSP sudah menggunakan ACG Starter yang dapat membuat starter mesin suaranya terdengar lebih halus. Ditambah lagi ada fitur ISS atau idling stop system yang mampu mematikan mesin secara otomatis ketika motor berhenti selama 3 detik. Ini berfungsi agar konsumsi bahan bakar lebih irit.

Sedangkan untuk Yamaha Aerox 155 VVA juga punya fitur starter sama halusnya dengan ACG milik Vario 150 eSP namun di Yamaha disebut dengan Smart Motor Generator (SMG). Yamaha Aerox pun juga ada fitur ISS seperti Vario 150 eSP dengan nama Stop & Start System (SSS) namun fitur tersebut hanya ada di versi tertingginya, yaitu di S Version yang dijual dengan harga Rp 26,15 juta.

Lanjut ke bagian dashboard atau speedometer, Yamaha Aerox 155 VVA sudah menggunakan LCD dengan lebar sekitar  5,8 inci. Ini merupakan inovasi yang menurut saya keren dari sisi tampilannya. Terlebih lagi LCD ini juga lengkap dalam menampilkan indikator-indikator seperti indikator VVA, odometer, tripmeter, konsumsi bahan bakar,jam digital, rpm, dan yang menarik adalah menampilkan jarak pemakaian dari V-belt. Sedang pada Honda Vario 150 eSP masih menggabungkan indikator analog dan digital. Analog pada penunjuk kecepatan, sedangkan digital pada fuelmeter dan odometer.

Pada yamaha Aerox 155VVA juga disematkan fitur USB Charger dengan DC output 12V/1A yang dapat berguna untuk mencharge gadget yang posisinya terletak di konsol bagian bawah setang. Sedangkan pada Honda Vario 150 eSP belum menyematkan fitur tersebut.

Keunggulan lain dari Aerox 155VVA adalah terdapatnya fitur Smart Key System yaitu sistem kunci canggih tanpa menggunakan anak kunci. Dengan adanya fitur tersebut membuat praktis dan aman karena juga dilengkapi dengan fitur immobilizer dan answer back system.

Dari segi bagasi pada bagian bawah jok, bagasi Yamaha Aerox lebih mampu menampung lebih banyak barang dengan kapasitas 25 liter sedangkan pada Vario 150 eSP hanya berkapasitas 18 liter.

Begitu pun juga pada pengaplikasian ban, Yamaha Aerox lebih besar jika dibandingkan Vario eSP. Aerox menggunakan ban ukuran 110/80-14 untuk ban depan, sedangkan belakang 140/70-14. Honda Vario 150 eSP hanya berukuran 80/90-14 untuk ban depan dan 90/90-14 untuk ban belakang. Suspensi belakang aerox untuk r version juga sudah mengaplikasikan suspensi tunggal bertabung.

Itu tadi beberapa perbedaan antara Yamaha Aerox 155VVA dengan Honda Vario 150 eSP. Melihat data di atas, nampaknya Aerox unggul di mesin dan beberapa fitur. Namun dari segi ergonominya, nampaknya Vario 150 eSP yang lebih nyaman untuk dinaiki. Dari sisi desain, Yamaha Aerox lebih tajam dan menarik jika dibandingkan dengan desain Honda Vario 150 eSP yang kalem.

Pilihan akhir ada di tangan Anda, silakan memilih dan memilah sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Sumber: otomotifnet.com

baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

Iklan

7 pemikiran pada “Melihat Perbandingan Yamaha Aerox 155 VVA dengan Honda Vario 150 eSP

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s