Mencoba Merawat Benda Berharga Peninggalan Leluhur

Ceritanya kemarin saya bersih-bersih lemari untuk mencari dokumen keluarga yang lumayan penting. Waktu bongkar-bongkar lemari, malah menemukan benda peninggalan dari kakek saya yang sudah lumayan lama tersimpan di lemari tanpa sekalipun disentuh dalam beberapa tahun terakhir ini. Peninggalan kakek tersebut adalah dua buah jenis keris, yang satu menurut bapak saya namanya keris nogo sosro luk sembilan sedangkan satu lagi bernama keris kyai lodrok .

keris-nogo-sosro-dan-kyai-lodrok

Menurut cerita dari bapak saya, dahulunya ketika dua keris ini masih dirawat oleh kakek saya, dua buah keris ini masih memiliki tuah atau kekuatan dikeduanya. Tidak tahu pasti tuah apa yang terdapat di dalam kedua keris tersebut. Namun, setelah kakek saya meninggal kedua keris tersebut diwariskan kepada bapak saya namun hanya disimpan di dalam lemari tanpa dibersihkan hingga sampai belasan tahun.

Hingga akhirnya kemarin, kedua keris yang terbungkus dalam kain itu saya buka dan dikeluarkan karena terlihat kotor sekali terkena debu selama puluhan tahun. Dan tidak seperti pada penjamasan keris pada umumnya yang harus menggunakan bahan dan alat khusus dalam proses membersihkan keris, saya cukup dengan mengelap debu-debu yang melekat pada bagian warangka/sarung. Sedangkan pada bagian kerisnya sendiri, hanya saya usap saja dengan menggunakan kain halus juga untuk membersihkan debu-debu yang menempel.

keris-nogo-sosro-luk-9

keris-nogo-sosro-luk-9-2

Terlihat sudah ada karat di beberapa bagian kedua keris tersebut, namun belum sempat saya untuk membersihkannya karena bahan yang dibutuhkan juga belum sempat saya beli. Lain kali mungkin keris akan saya bersihkan menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan beberapa karat yang sudah menempel di beberapa bagian keris.

keris-kyai-lodrok

keris-kyai-lodrok-2

Terlepas dari kedua keris tersebut masih bertuah atau tidak niat saya hanya ingin membersihkan dan merawat benda peninggalan dari leluhur yang telah diwariskan kepada anak cucunya. Karena tempat kita bergantung dan meminta pertolongan adalah hanya kepada Allah swt. saja.

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

 

 

 

Iklan

3 pemikiran pada “Mencoba Merawat Benda Berharga Peninggalan Leluhur

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s