Aki Masih Waras tapi Kok Electric Starter Mati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

megapro primus cahbrogo

Mungkin ada banyak yang mengalami kejadian seperti ini. Aki masih sehat atau waras tapi kok electric starter nggak mau menyala dan untuk menghidupkan mesin harus diengkol menggunakan kaki. Kalau memang aki sudah tekor wajar jika memang electric starter tidak dapat berfungsi dengan baik dikarenakan arus untuk menggerakan dynamo starter kurang besar. Namun akan lain halnya jika aki masih sehat tapi electric starter tidak bekerja. Pastinya capek juga khan kalau setiap akan menghidupkan mesin harus diengkol menggunakan kaki.

Nah, itu juga yang terjadi pada motor saya beberapa hari terakhir ini, sebenarnya aki masih baik karena untuk menghidupkan seperti klakson dan lampu sein pun masih bisa berjalan normal. Namun yang menjadi pertanyaan kenapa setiap saya ingin menghidupkan mesin selalu tidak bisa. Hanya terdengar bunyi “tek… tek…” dan mesin tidak mau menyala.

Motor pun saya bawa ke bengkel langganan untuk menanyakan tentang penyebab matinya electric starter dan sekaligus menservis motor. Berdasarkan analisis pemilik bengkel 😀 , berarti masalah ada pada dinamo starter yang berfungsi sebagai perantara untuk menghidupkan mesin. Dinamo starter pun dibuka dan ternyata memang benar, ada salah satu bagian dari dynamo starter yang aus, yaitu pada bagian brostel.

brostel motor megapro aus 1

brostel motor megapro aus 2

^brostel aus

Bentuknya kecil, yang fungsinya untuk menghantarkan arus listrik yang berguna untuk menggerakkan rotor  di dalam dynamo starter. Walaupun kecil, ternayat bagian ini sangat besar fungsinya untuk kemudahan dalam menghidupkan mesin motor. Setelah diganti dengan brostel yang baru dan dipasang kembali dynamo starter di tempat semula, electric starter pun bisa berfungsi lagi tanpa kendala sama sekali.

dinamo starter motor 1

dinamo starter motor 2

^rotor dinamo starter

O iya, brostel kecil tersebut di bengkel tempat saya biasa servis motor ini harganya 30 ribu rupiah, sepadan lah dengan fungsi barang kecil tersebut. Dan setelahnya, saya tidak perlu lagi menghidupkan mesin dengan cara diengkol. Cukup dengan menekan tombol starter dan mesin langsung menyala.

Baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

 

Iklan

11 pemikiran pada “Aki Masih Waras tapi Kok Electric Starter Mati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s