Air Terjun Sri Gethuk, Surga di tengah Tandusnya Pegunungan Kabupaten Gunung Kidul

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Yogyakarta. Pusat pemerintahan Kabupaten Gunung Kidul berada di Kecamatan Wonosari. Sebagian besar wilayah Kabupaten Gunung Kidul berupa perbukitan dan Pegunungan Kapur. Gunung Kidul juga dikenal sebagai daerah yang kering dan tandus, namun kabupaten ini banyak menyimpan berbagai potensi wisata alam yang menarik seperti pantai, goa, dan masih banyak lagi.

Salah satu destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Gunung Kidul adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun Sri Gethuk ini bisa dikatakan merupakan oase di tengah padang pasir, karena di sekeliling air terjun Sri Gethuk merupakan pegunungan kapur yang terkenal kering dan tandus. Air terjun ini terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Air terjun ini mengalir di tepian sungai Oya.

Akhir bulan April kemarin saya berkesempatan untuk mengunjungi destinasi faforit di Gunung Kidul tersebut. Untuk sampai ke air terjun ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar dua setengah jam perjalanan dari Kota Solo. Sebelum sampai ke objek wisata ini, kita akan melewati hutan kayu putih milik Perhutani. Untuk sampai di area parkir, kita harus melewati jalan tanah menurun yang jika kebetulan hujan jalan ini akan sangat licin.

air terjun sri gethuk 1

Setelah sampai depan pintu gerbang yang bertuliskan “Air Terjun Sri Gethuk”, ada dua cara untuk sampai ke lokasi air terjun tersebut, yaitu dengan berjalan kaki mengikuti anak tangga sampai ke lokasi atau dengan menggunakan perahu tong melewati sungai dengan melawan arus. Namun saat saya kesana, air sungai sedang besar, jadi perahu tong tidak dioperasikan karena arus sungai sangat besar dan membahayakan jika digunakan.

air terjun sri gethuk 2

air terjun sri gethuk 6

Mau tidak mau kita harus berjalan kaki sekitar 1 km mengikuti anak tangga untuk sampai ke lokasi. Cukup melelahkan karena memang harus turun dan naik tangga, namun lelah itu akan terbayar ketika kita sampai di lokasi air terjun. Banyak para wisatawan yang berswafoto di dekat air terjun tersebut. Mereka memilih spot-spot yang dianggap cukup menarik untuk mengambil gambar.

air terjun sri gethuk 3

air terjun sri gethuk 4

air terjun sri gethuk 5

air terjun sri gethuk 7

air terjun sri gethuk 8

Namun ketika ber swafoto di air terjun ini kita perlu waspada dan hati-hati karena batu-batu di sekitar air terjun licin dan arus di sungai Oya cukup besar saat musim penghujan. Setelah puas berfoto-foto di air terjun, tidak perlu khawatir untuk mengisi perut yang kosong karena di pinggir jalan sepanjang anak tangga air terjun tadi terdapat puluhan warung yang dapat disinggahi.

Kekurangan dari obyek wisata ini menurut saya hanya pada lahan parkir yang kurang begitu luas dan kondisi jalan menuju objek wisata yang perlu diperbaiki dan diperlebar supaya dapat memudahkan untuk menuju ke lokasi wisata.

Baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

 

Iklan

2 pemikiran pada “Air Terjun Sri Gethuk, Surga di tengah Tandusnya Pegunungan Kabupaten Gunung Kidul

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s