Klakson dan Penggunaannya

KLAKSON MOTOR

Kita tentu sudah sangat familiar dengan yang namanya klakson. Klakson merupakan perangkat yang wajib ada pada setiap kendaraan seperti motor, mobil, bus, truk, dan lain sebagainya. Fungsi utama klakson sebenarnya adalah untuk memberikan tanda keberadaan kita kepada pengendara lain. Untuk membunyikan klakson pun juga terbilang cukup mudah, tinggal menekan tombol dan klaksonpun berbunyi. Namun, tahukah Anda bahwa dalam membunyikan klakson juga ada etikanya di jalan raya.

 
Apa saja sih etika penggunaan klakson di jalan raya, simak ulasannya berikut ini.

 
Etika yang pertama adalah tentang jenis klakson yang digunakan
Kendaraan standar pabrikan, sebenarnya telah disediakan klakson yang sudah memenuhi peraturan Undang-Undang Lalu Lintas. Namun kebanyakan para pemilik kendaraan merasa masih kurang puas dengan suara klakson standar dari pabrikan sehingga menggantinya menggunakan klakson aftermarket.

 
Tingkat kebisingan klakson untuk kendaraan diatur maksimal pada 118 dB. Suara klakson yang terlalu bising dapat memekakan telinga pengguna jalan yang lain. Jenis klakson aftermarket pun sekarang juga bermacam-macam tipenya, namun alangkah lebih baiknya memilih klakson yang mendekati standar klakson pada umumnya.
Jangan menggunakan klakson dengan tipe suara yang keras dan panjang seperti yang digunakan pada truk-truk besar maupun bus karena mungkin bisa membuat kaget atau jantungan pengguna jalan yang lain. Ada baiknya kita menghormati pengguna jalan lain karena jalan raya adalah milik kita bersama.

 
Etika yang selanjutnya tentang ritme atau panjang pendek dalam membunyikan klakson
Tentunya kita pasti akan sangat jengkel dan marah apabila kita diklakson oleh pengendara lain dalam jangka waktu yang panjang dan terus-menerus. Ini terjadi biasanya pada para pengendara yang tergesa-gesa atau berburu dengan waktu, jika ada sedikit gangguan kecil di jalan raya membunyikan klakson dengan panjang dan dengan ritme yang cepat. Nah, ada baiknya kita menghargai pengguna jalan lain dengan membunyikan klakson secara pendek. Toh tujuan kita membunyikan klakson kan untuk memberitahukan tentang keberadaan kita kepada pengendara lain. Jika pengendara lain sudah mengetahui keberadaan kita, untuk apa kita membunyikan klakson secara panjang dan ritmenya cepat. Tidak ada gunanya kan…

 
APALAGI MENGGUNAKAN SIRINE DI KENDARAAN PRIBADI, NORAK TAU!!!!

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

Iklan

5 pemikiran pada “Klakson dan Penggunaannya

Bla.... bla...... bla......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s