Jangan Sepelekan Kampas Rem, Telat Ganti Bisa Fatal Akibatnya

Perawatan-Kampas-Rem-Motor

Rem baik itu tromol maupun cakram merupakan bagian yang sangat penting dan vital dalam kendaraan. Rem berfungsi atau bertujuan untuk mengurangi laju kendaraan saat berkendara. Salah satu bagian dari rem adalah kampas rem itu sendiri. Kampas rem jika dalam kondisi masih baik, maka proses pengereman pun juga akan berjalan dengan baik pula.

Namun seiring dengan waktu penggunaan, lama kelamaan kampas rem juga dapat habis terkikis karena gesekan dengan cakram maupun tromolnya. Sudah seharusnya sebagai pemilik kendaraan kita harus selalu merawat kendaraan kita agar dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Terlebih lagi kampas rem, kampas rem seharusnya kita cek berkala apakah masih layak digunakan atau pun sudah waktunya harus diganti.

kampas rem habis

Selain mengecek, kita juga harusnya membersihkan secara berkala bagian tromol/cakram supaya selalu bersih. Apabila kita jarang melakukan pengecekan dan pembersihan pada bagian rem, maka kita tidak akan tahu bahwa kampas rem masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Akibatnya bisa fatal, jika kampas rem yang sudah habis masih dipaksakan untuk melakukan pengereman, maka akan terjadi gesekan besi dengan tromol/cakram yang membuat bagian tersebut mudah rusak. Terlebih jika berkendara di jalanan pengunungan yang menurun membutuhkan lebih banyak pengereman, fungsi rem sangat vital sekali sehingga kampas rem harus berfungsi dengan baik. Jika kampas rem habis, bisa jadi ketika turunan rem akan blong sehingga kita tidak dapat mengontrol laju kendaraan,

Atau bisa juga kampas rem yang habis yang bergesekan dengan piringan cakram dapat mengakibatkan piringan cakram terkikis, Jadi lebih baik kita cek secara berkala kondisi kampas rem dan membersihkan bagian-bagiannya.

Semoga bermanfaat.

baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

Iklan

2 pemikiran pada “Jangan Sepelekan Kampas Rem, Telat Ganti Bisa Fatal Akibatnya

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s