Mengenal Honda XL 125, Motor Enduro Legendaris Tangguh Era 70-an

Sobat cahbrogo, jika berbicara mengenai sejarah masuknya Honda XL 125 ke Indonesia, menurut informasi hasil pencarian saya di google adalah Honda XL 125 produksi tahun 1977. Motor ini masuk ke Indonesia melalui bea cukai pelabuhan Tanjung Priok sejumlah 736 unit Honda XL 125 oleh Ditjen Pertanian Tanaman Pangan Jakarta dalam rangka untuk mendukung program AID (Bantuan Kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat).

Tentu saja nama Honda XL 125 tidaklah asing bagi para pecinta motor enduro retro di tanah air. Bagi orang awam, sekilas jika melihat motor ini pastinya akan berpendapat bahwa motor tersebut hasil modifikasi dari Honda CB. Namun jika kita amati lebih detail, ada beberapa bagian yang sangat-sangat berbeda mulai dari bentuk knalpot, lengan ayun depan, ukuran ban, bentuk tangki, dan sebagainya.

honda xl 125e

Honda XL 125 merupakan produk yang langka di Indonesia, karena memang menurut keterangan di atas hanya terdapat sejumlah 736 unit saja di seluruh Indonesia melalui jalur resmi. Sangatlah wajar apabila saat ini jika kita menemukan Honda XL 125 yang orisinil pasti harganya akan sangat mahal sekali. Karena memang populasinya yang terbatas.

Honda XL 125 juga bisa dikatakan nenek moyangnya atau istilah kerennya trend setternya motor enduro sampai sekarang ini. Saat ini harga motor ini mahal bukan hanya karena jumlahnya yang terbatas saja, namun juga karena motor ini memang mumpuni untuk melibas di jalan beraspal maupun jalanan tanah berlumpur. Di dukung dengan mesin yang handal, tak heran banyak kolektor motor yang mencarinya.

Honda XL 125 menggendong mesin 124 cc 4 langkah berpendingin udara dengan power maksimal 13 HP pada 9400 rpm ditambah lagi dengan rangka yang kokoh dan pengaplikasian ring ban yang besar di depan dan belakang membuat motor ini mampu melibas di segala kondisi jalanan. Honda XL 125 memiliki 5 percepatan dan mesinnya hampir mirip dengan Honda CB. Karena bentuk tangkinya yang ramping maka tangki Honda XL 125 hanya mampu menampung bahan bakar sebanyak 6 liter saja. Namun itu sudah cukup untuk motor trail 4 tak.

Honda XL125 2

Pada ban belakang berukuran 18 inchi dan ban bagian depan berukuran 21 inchi dengan motif ban dual purpose yang cocok untuk jalanan aspal dan juga lumpur. Secara fisik motor ini terlihat jangkung karena pengaplikasian ban dengan ukuran ring relatf besar tersebut. Honda XL 125 juga diklaim mampu mencatatkan kecepatan maksimal pada angka 114 km/jam. Nah, bagi yang memang kepengen dengan motor ini atau pengen modifikasi seperti Honda XL 125 siap-siap harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi karena saat ini memang motor ini terbilang motor cukup langka atau bisa juga dikatakan hampir punah.

Itu tadi sedikit sharing tentang Honda XL 125, barangkali ada yang ingin menambahi atau mengoreksi hasil tulisan saya monggo tulis di kolom komentar sambil belajar bareng.  Di lain waktu nanti kita coba untuk membahas kakak dari Honda XL 125 yaitu Honda XL 250 yang mungkin tidak ada populasinya di Indonesia. Semoga bermanfaat.

baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

Iklan

4 pemikiran pada “Mengenal Honda XL 125, Motor Enduro Legendaris Tangguh Era 70-an

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s