Persyaratan Keamanan dalam Kabin Masinis Kereta Api yang Harus Kamu Tahu

banner_masinis.jpg;wa84671e4e7858529b

Sobat cahbrogo, saat ini kereta api merupakan moda transportasi pilihan bagi masyarakat yang ingin bepergian jauh selain menggunakan bus dan juga pesawat. Kereta api dipilih karena memang sekarang ini pelayanannya juga sudah sangat cukup baik. Selain itu kereta api juga merupakan moda transportasi yang murah dan nyaman juga lebih cepat dibandingkan harus menggunakan bus.

Nah, salah satu yang masih berhubungan dengan kereta api adalah tentang masinis kereta api. Masinis adalah seorang petugas kereta api yang bertugas untuk mengemudikan kereta api. Tugas seorang masinis memang sangat berat karena harus mengantarkan ratusan penumpang maupun barang dengan selamat sampai tujuannya.

Oleh karenanya, seorang masinis dituntut untuk selalu fokus saat sedang mengemudikan kereta api. Karena beratnya tanggung jawab seorang masinis, sehingga ada persyaratan keamanan ruang kabin untuk masinis dalam bekerja. Persyaratan keamanan tersebut terantum dalam Peraturan Menteri Nomor PM 24 Tahun 2015 tentang Standar Keselamatan Perkeretaapian pasal 29.

syarat keamanan kabin masinis

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa ruang dalam kabin masinis tidak boleh terlalu bising. Selanjutnya di dalam kabin masinis keadaan ruangannya mampu melindungi masinis dan juga asisten dari gas buang. Dan poin yang terakhir adalah kabin masinis memiliki ruang bebas pandang ke depan yang luas.

Ruang kabin masinis tidak terlalu bising maksudnya ruangan tersebut dapat kedap suara dari luar ruangan. Selanjutnya ruang kabin masinis mampu melindungi dari gas buang maksudnya adalah gas buang dari mesin lokomotif diesel tidak bisa masuk ke dalam kabin. Dan yang terakhir adalah ruang bebas pandang ke depan artinya tidak ada pandangan di depan lokomotif yang dapat menghalangi masinis untuk melihat keadaan di depannya.

Selain hal-hal tersebut di atas, ada salah satu perangkat lagi yang merupakan persyaratan keamanan di dalam kabin masinis. Perangkat tersebut bernama deadman device atau deadman pedal. Apakah yang dimaksud dengan deadman pedal tersebut?

deadman pedal

Deadman pedal merupakan sebuah alat yang bentuknya berupa pedal dan diinjak masinis selama dalam perjalanan kereta api. Di dalam perangkat ini terdapat sensor gerakan yang telah dirancang sedemikian rupa, sehingga ketika masinis mengantuk, tertidur, atau meninggal secara mendadak maka alarm akan berbunyi dan lokomotif kereta akan berhenti.

Nah, itu tadi beberapa persyaratan keamanan di dalam kabin masinis yang mungkin bisa menambah pengetahuan sobat cahbrogo sekalian. Semoga informasinya bermanfaat.

Sumber: kemenhub151

baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: budisant86
Facebook: Budi Santoso Cahbrogo
================================

Iklan

2 pemikiran pada “Persyaratan Keamanan dalam Kabin Masinis Kereta Api yang Harus Kamu Tahu

  1. Ping balik: Selama dalam Perjalanan di Kereta Api, Ini Tempat-Tempat Terlarang bagi Penumpang | cahbrogo.net

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s