Kelebihan dan Kekurangan dari Honda Sonic 150R menurut cahbrogo

Sobat cahbrogo, pada acara touring kemerdekaan yang pernah saya tulis sebelumnya bahwasanya ketika berangkat touring saya menggunakan Honda Sonic 150R. Terus terang saja sebelumnya saya belum pernah mencoba menggunakan motor ini. Dan ketika touring tersebut saya pertama kalinya menaiki motor ayam jago dari Honda tersebut.

Kesan pertama ketika menaiki Honda Sonic 150R ini memang tinggi joknya lebih rendah dari Supra GTR150 sehingga bagi saya yang memiliki tinggi badan sekitar 175 cm sangat mudah sekali untuk naik motor ini. Ketika saya naiki, motor ini terasa kecil dimensinya. Tangan saya pun juga harus lebih turun ke bawah untuk berkendara karena memang posisi stang dari Honda Sonic 150R ini agak lebih ke bawah.

Sebenarnya, jika motor ini dinaiki oleh rider bertinggi bahan di antara 150-165 cm pasti sangat cocok, namun untuk rider dengan tinggi di atas 170 cm menurut saya agak kurang nyaman jika digunakan berkendara, apalagi digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Desain menurut saya hampir mirip-mirip dengan Suzuki Satria F150 hanya saja untuk Sonic 150R ini desainnya lebih tajam pada beberapa bagian. Kebetulan Honda Sonic 150R yang saya naiki memiliki warna putih, jadi warnanya terlihat kalem.

Selanjutnya dari segi performa mesin, Honda Sonic 150R ini memiliki performa yang bagus untuk digunakan dalam perkotaan maupun juga ketika digunakan di daerah pegunungan yang memiliki jalan tanjakan dan turunan. Ketika digeber pada RPM tinggi motor ini masih memiliki tenaganya juga masih bisa diandalkan. Ketika perjalanan touring kemarin hampir tidak pernah menggunakan gigi 5 dan 6.

Dari segi handling, motor ini sangat cocok untuk selap selip diperkotaan ketika jalanan macet, motor ini dapat dengan mudah ditekuk meliuk-liuk di jalanan kota. Namun untuk ergonomi, bagi yang memiliki tinggi diatas 170 cm ke atas, akan terasa kurang nyaman jika digunakan dalam waktu yang lama. Karena posisi riding yang lebih menunduk dan beban tertumpu pada tangan.

Ketika digunakan di jalanan aspal yang mulus, motor ini sangat nyaman digunakan, namun akan lain ceritanya ketika digunakan pada jalanan yang tidak rata/berlubang maka motor ini berasa kurang nyaman karena memiliki jok yang agak tipis dan keras walaupun shock depan dan belakangnya memiliki performa yang bagus. Untuk konsumsi bahan bakar, memang motor ini lebih boros jika dibandingkan dengan menggunakan Supra GTR150 dengan tangki bahan bakar yang memiliki kapasitas 4 liter saja.

Dari ulasan-ulasan saya di atas dapat saya rangkum tentang kelebihan dan kekurangan dari Honda Sonic 150R ini.

Kelebihan:

  • Mesin memiliki performa yang bagus
  • Handling sangat mudah digunakan untuk meliuk-liuk di jalanan macet
  • Akan nyaman digunakan untuk rider yang memiliki tinggi di bawah 170 cm

Kekurangan:

  • Jok tipis
  • Tidak nyaman digunakan untuk rider bertinggi 170 cm ke atas dalam waktu yang lama.
  • Boros bahan bakar

Itu tadi beberapa kesimpulan yang bisa saya tulis setelah memakai motor ini untuk perjalanan touring kemerdekaan beberapa waktu yang lalu.

baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
Phone: 085741994790
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: cahbrogo
Facebook: Budi Santoso
===============================

 

Iklan

11 pemikiran pada “Kelebihan dan Kekurangan dari Honda Sonic 150R menurut cahbrogo

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s