Seorang Pria Menginjak Motor Pengendara yang Berhenti di Zebra Cross, Peringatan Rendahnya Disiplin Sebagian Pengendara di Indonesia

Sobat cahbrogo, beberapa hari kemarin heboh tentang pejalan kaki yang menginjak jok seorang pengendara motor ketika berhenti di zebra cross saat lampu menyala merah. Walaupun jika dilihat, nampaknya video tersebut sengaja direkam untuk memberikan peringatan kepada para pengendara supaya tidak berhenti di zebra cross yang merupakan hak para pejalan kaki. Dari video tersebut membuktikan bahwa kurangnya disiplin berkendara masyarakat Indonesia.

 

//platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Para pejalan kaki berhak mendapatkan fasilitas yang mendukung keselamatannya saat melintasi jalan raya. Hak-hak tersebut antara lain berhak mendapatkan fasilitas jembatan penyeberangan dan trotoar yang layak. Dan juga berhak mendapatkan prioritas ketika menyeberang jalan. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Pasal 131 Ayat 1, 2, dan 3.

  1. Pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain.
  2. Pejalan kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang jalan di tempat penyeberangan.
  3. Dalam hal belum tersedia fasilitas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pejalan kaki berhak menyeberang di tempat yang dipilih dengan memperhatikan keselamatan dirinya.
Nah, sudah jelaskan bahwa ada hak-hak dari para pejalan kaki yang juga harus kita hormati ketika di jalan raya. Sudah selayaknya kita menghargai para pejalan kaki dengan berhenti di belakang zebra cross karena zebra cross merupakan fasilitas yang disediakan untuk para pejalanan kaki ketika menyeberang jalan.

Baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: cahbrogo
Facebook: Budi Santoso
==============================

Iklan

5 pemikiran pada “Seorang Pria Menginjak Motor Pengendara yang Berhenti di Zebra Cross, Peringatan Rendahnya Disiplin Sebagian Pengendara di Indonesia

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s