Selama dalam Perjalanan di Kereta Api, Ini Tempat-Tempat Terlarang bagi Penumpang

Selama dalam Perjalanan di Kereta Api, Ini Tempat-Tempat Terlarang bagi Penumpang

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, tentunya kalian pernah kan menggunakan moda transportasi Kereta Api? Selain harganya yang relatif murah, perjalanan menggunakan kereta api juga relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan bus. Dengan alasan tersebut, banyak orang yang beralih untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi massal. Tentunya selama perjalanan dengan menggunakan kereta api, penumpang harus menaati peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh PT KAI sebagai perusahaan yang mengelola perkeretaapian Indonesia.

Nah, kali ini saya akan memberikan informasi seputar tempat-tempat yang tidak boleh untuk dikunjungi penumpang kereta api selam dalam perjalanan. Hal ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 Pasal 183 tentang perkeretaapian. Lalu apa saja tempat-tempat terlarang tersebut? Simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Yang pertama, tempat terlarang bagi penumpang adalah di atap kereta. Banyak sekali faktor kenapa penumpang dilarang untuk naik ke atap kereta api. Salah satu alasannya adalah karena faktor keselamatan penumpang. Bisa dibayangkan jika kita berada di atap kereta akan sangat berbahaya ketika kereta tersebut melewati terowongan. Atau jika kereta sudah berjalan dengan kecepatan yang tinggi, kemungkinan kita bisa jatuh karena di atap kereta tidak ada tempat untuk berpegangan yang aman.

Tempat yang kedua adalah lokomotif, kenapa tidak boleh ada penumpang di sini? Alasannya jelas, karena pada bagian lokomotif merupakan bagian mesin yang sangat beresiko bagi keselamatan jika ada penumpang yang nekat masuk ke lokomotif.

Tempat yang ketiga adalah pada bagian kabin masinis, jika kamu belum tahu alasannya kenapa penumpang dilarang masuk ke kabin masinis, bisa simak tulisan saya di sini. Karena ruangan dari kabin masinis ini harus steril dan tidak boleh ada orang selain masinis supaya masinis dapat lebih berkonsentrasi dalam mengemudikan kereta api.

Selanjutnya adalah gerbong di kereta barang tentunya tidak boleh ada penumpang yang berada di gerbong kereta barang karena demi keamanan barang-barang yang diangkut dalam gerbong kereta barang tersebut.

Nah, sekarang sudah tahu kan tempat mana saja yang dilarang untuk dimasuki penumpang kereta api selama dalam perjalanan? Semoga bermanfaat.

Sumber: kemenhub 151

baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
Phone: 085741994790
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: cahbrogo
Facebook: Budi Santoso
===============================

Iklan

4 pemikiran pada “Selama dalam Perjalanan di Kereta Api, Ini Tempat-Tempat Terlarang bagi Penumpang

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s