Teknologi Apa Saja Sih yang Ada pada Honda CBR250RR? Ini Jawabannya!!!

Teknologi Apa Saja Sih yang Ada pada Honda CBR250RR? Ini Jawabannya!!!

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, kali ini melanjutkan artikel saya tentang workshop technology honda CBR250RR yang acaranya berlangsung akhir pekan kemarin di Astra Honda Training Centre (AHTC) Sunter Jakarta Utara. Nah, kali ini saya akan sedikit menjelaskan sedikit sepengetahuan saya tentang teknologi apa saja sih yang ada di dalam sebuah motor All New Honda CBR250RR ini?

Honda All New CBR250RR ini merupakan motor sport yang spesial karena dalam perakitannya motor ini membutuhkan skill yang harus benar-benar paham betul tentang teknis perakitan motor tersebut. Selain itu juga ruangan perakitan Honda CBR250RR ini berbeda dengan motor konvensional lainnya karena memiliki ruang khusus dan berAC dengan standar kebersihan ruangan yang tinggi. Dan juga dibutuhkan orang-orang yang paham betul tentang teknis untuk menghindari error sekecil mungkin maupun catat produksi.

Dibandingkan dengan motor sport lainnya, motor Honda All New CBR250RR ini memiliki beberapa keunggulan teknologi. Diantaranya adalah mesin DOHCnya yang superior dengan power tertinggi di kelasnya. Selain itu juga pengaplikasian metal bearing yang memiliki presisi tinggi, sehingga suara mesin menjadi lebih halus, berbeda dengan bearing yang dipakai pada motor konvensional lainnya. Dan juga mesin dari CBR250RR ini terlihat lebih ringkas dan compact dengan penempatan pompa oli yang posisinya tidak lagi berada di samping kanan crankcase, namun berada di bagian dalam mesin tepatnya pada bagian bawah crankcase dan juga waterpump radiator yang letaknya berada di atas head cylinder.

Pada bagian knalpotnya pun dibuat bertingkat yang jika dilihat mempunyai dua lubang gas buang yang mampu memberikan torsi maksimal di berbagai rentang putaran rpm. Selain itu juga terdapat teknologi yang menarik yaitu Throttle By wire atau yang biasa disebut TWB. Teknologi TWB ini mampu memberikan pengaturan yang lebih presisi untuk mendapatkan output tenaga yang diinginkan oleh pengendara. Teknologi TWB ini didukung dengan pengaplikasian grip gas yang dilengkapi dengan APS (Accelerator Position Sensor) yang dihubungkan menggunakan kabel mengirimkan sinyal arus listrik menuju ke ECU. Teknologi TBW ini pada motor honda baru beberapa motor saja yang mengaplikasikannya yaitu pada Honda VTR 1200, Honda CBR1000RR, dan juga RCV213. Dan CBR250RR ini menjadi yang pertama di kelasnya yang mengaplikasikan TWB.

Melalui ECU ini akan diteruskan untuk mengatur gerakan motor pada katup throttle. Sehingga kita dapat memilih riding mode yang dikehendaki antara lain comfort, sport, dan sport+. Dengan adanya APS ini, kita tidak akan takut banjir bahan bakar pada ruang pembakaran ketika memainkan grip gas dalam kondisi kunci kontak off karena katup throttle tidak akan membuka sebelum kunci kontak pada posisi on.

Keunggulan lainnya dari Honda CBR250RR ini adalah pada swing armnya menggunakan yang menggunakan material aluminium sehingga lebih ringan namun tetap kokoh dan kuat. Lanjut lagi ke bagian kunci kontaknya, bahwa pada Honda CBR250RR ini menganut Wave Key yaitu kunci kontak yang memiliki kekuatan yang sangat baik dan memberikan peningkatan keamanan dibandingkan dengan kunci kontak konvensional. Wave key pada Honda CBR250RR memiliki 6 kedalaman alur sehingga lebih aman dan juga menggunakan material nickel silver yang kuat.

Satu lagi yang bisa dikatakan keunggulan dari Honda CBR250RR ini adalah pada shock depan upside downnya yang memiliki fungsi berbeda pada sebelah kiri dan kanannya. Jika shock teleskopik biasa memiliki fungsi sebagai reaction and dumper, maka pada schok upside down Honda CBR250RR ini pada bagian kanan memiliki fungsi sebagai reaction and dumper, sedangkan pada bagian kiri memiliki fungsi sebagai damper/tension.

Nah, itu tadi beberapa teknologi yang ada pada Honda CBR250RR yang semoga saja dapat memberikan wawasan kepada kita bahwa paling tidak sedikit lebih paham terhadap fitur dan part yang ada pada CBR250RR ini. Mohon koreksinya apabila ada kesalahan.

baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
Phone: 085741994790
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: cahbrogo
Facebook: Budi Santoso
===============================

Iklan

3 pemikiran pada “Teknologi Apa Saja Sih yang Ada pada Honda CBR250RR? Ini Jawabannya!!!

  1. Ping balik: Teknologi Apa Saja Sih yang Ada pada Honda CBR250RR? Ini Jawabannya!!! — cahbrogo.net – Judul Situs

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s