cahbrogo.net – sobat cahbrogo, bagi orang yang sudah terbiasa mobilisasi dengan menggunakan pesawat mungkin sudah tidak asing berkunjung ke berbagai bandara dan menganggap hal tersebut merupakan hal biasa dan wajar. Namun akan lain halnya bagi orang yang sama sekali belum pernah melakukan mobilisasi menggunakan pesawat terbang dan berkunjung ke bandara yang sama sekali belum pernah dia datangi sebelumnya. Contohnya adalah saya yang baru pertama kalinya datang berkunjung ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang.

Ceritanya begini, beberapa minggu yang lalu atau tepatnya tanggal 7 Oktober 2017 kemarin saya berkesempatan untuk menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Astra Honda Motor di Jakarta. Ada 2 orang teman lain yang pulangnya berbarengan dengan saya untuk menuju ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Pertama kali menginjakkan kaki di depan terminal ini yang ada dalam pikiran saya adalah betapa luas dan megahnya bangunan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta ini.

terminal 3 soekarno hatta

Karena macet di Jalan Tol menuju bandara, saya tiba di Terminal 3 ini 1 jam sebelum jadwal penerbangan. Kami pun harus berjalan dengan lebih cepat untuk registrasi ulang guna mendapatkan boarding pass karena waktunya sudah mulai mepet. Setelah registrasi ulang, ternyata waiting room kita berbeda, Belum lagi kami juga harus melakukan security check sampai beberapa kali yang pastinya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Tahu sendiri kan jika di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta ini memiliki 26 gate yang tiap gatnya saja luasnya bisa mencapai 50 meter lebih. Nah kebetulan di boarding pass tercatat saya harus menunggu di gate 15, sedangkan dua teman saya yang lainnya menunggu di gate 12 dan gate 26 yang artinya paling ujung dari gate di Terminal 3 ini. Bisa dibayangkan betapa capeknya berjalan dari gate 1 hingga gate 26 untuk bisa naik pesawat.

Kami pun harus segera berpisah untuk menunggu pesawat di gate masing-masing. Namun lelah kita akan terbayar saat sampai di ruang tunggu karena di sini kursi dan suasananya sangat nyaman sekali. Ada juga outlet-outlet yang menjual berbagai makanan dan minuman serta oleh-oleh.

ruang tunggu terminal 3 soekarno hatta 2

Kursi-kursinya pun juga terbilang cukup nyaman karena dari sofa, dan juga dipinggir ruang tunggu terdapat kursi-kursi santai yang dapat diduduki sambil tiduran dengan pemandangan di depannya pesawat-pesawat garuda serta aktivitas karyawan bandara yang sedang bongkar muat pesawat. Ada juga ruang tunggu yang khusus digunakan untuk ibu yang sedang hamil atau untuk ibu-ibu yang memiliki balita yang letaknya berdekatan dengan pintu gate.

ruang tunggu terminal 3 soekarno hatta

ruang tunggu terminal 3 soekarno hatta 3

Saya pun menunggu jam keberangkatan dengan duduk-duduk santai sambil tiduran di kursi yang menghadap keluar dengan view pesawat-pesawat yang sedang parkir. Cukup lama juga saya harus menunggu karena jadwal di boarding pass dengan di layar pengumunan berbeda hampir satu jam lamanya. Akhirnya sekitar pukul setengah 6 sore petugas bandara mengumumkan untuk para penumpang tujuan Yogyakarta segera masuk melewati garbatara.

Untuk menuju ke pesawat yang akan kita naiki, kita terlebih dahulu harus naik shuttle bus yang ditempuh dalam waktu kurang lebih sekitar 5 menitan. Akhirnya sampai juga dan saya langsung masuk ke dalam kabin pesawat. Saya memilih duduk di dekat jendela karena pengen melihat pemandangan di malam hari. Butuh waktu hampir 15 menitan untuk bisa terbang karena harus antri menunggu pesawat2 yang didepannya take off.

Tempat duduk penumpang di garuda Indonesia ini terbilang cukup nyaman walaupun di kelas ekonomi. Ada video on demand di depan kursi kita yang menyediakan berbagai macam hiburan seperti film, musik, dan lain sebagainya. Untuk pengumuman dari pramugari disampaikan melalui layar di depan kita menggunakan video animasi.

sayap garuda indonesia

Pukul 6 malam, pesawat pun take off dengan lancar dan dari dalam pesawat saya bisa melihat pemandangan di bawah yang sungguh sangat-sangat indah sekali (Maha Besar Allah yang telah menciptakan bumi dan seisinya, kita hanya bagian sangat-sangat kecil di dunia ini).

Di tengah perjalanan, para penumpang pun mendapatkan snack gratis dan juga minuman yang dapat dinikmati selama perjalanan. Selama dalam perjalanan, saya menggunakan head set untuk menonton film-film yang tersedia di layar depan tempat duduk penumpang.

Setelah perjalanan sekitar 1 jam atau sekitar pukul 7 malam, pesawat pun mendarat dengan mulus di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Satu persatu penumpang pun turun dari pesawat dan disambut dengan senyuman ramah dari para kru pesawat yang berdiri sebelum pintu keluar pesawat.

Saya pun berjalan menuju ke pintu kedatangan untuk keluar dari bandara dan berjalan kaki melewati rel kereta api di depan bandara segera menuju ke jalan Solo Jogja untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Solo menggunakan bus.

Sebuah pengalaman yang mengesankan dapat berkunjung ke Terminal 3 Soekarno Hatta dan terbang dengan Garuda Indonesia. Semoga dilain waktu dapat kembali merasakannya.

Baca juga:

Facebook: Budi Santoso
==============================

Iklan

20 pemikiran pada “Kesan Pertama Berkunjung ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dan Terbang dengan Garuda Indonesia

1. Bandara terminal 3. Sungguh mengagumkan… Namun…ada sedikit hal yang masih menjadi kendala. Masalah kemacetan. Kunjungan atau menggunakan terminal ini untuk penerbangan saat ini masih saja dihalangi kemacetan jalan menuju bandara. Sehingga, penerbangan cancel, tiket hangus dan banyak hal lain diantaranya kemalaman yang sedikitnya menambah kerja petugas bandara. Penumpang tidak mendapat/terlambat naik angkutan seperti taksi, bus dan carteran online karena terjebak macet.
    Mudah-mudahan kereta api bandara cepat rampung, dan bukan terminal 3 saja bisa dinikmati pengguna, juga terminal 1 dan 2 yang memang dirancang untuk transit, belanja dan menginap. Jadi semacam tempat atau rumah ke dua bagi pengguna penerbangan masyarakat Indonesia dan manca negara. Sukses Angkasa Pura dan semua yang telah berpartisipasi terciptanya Terminal 3 ini.

Disukai oleh 1 orang

• betul sekali, akses ke bandara yang sering terjebak dalam kemacetan. Harus datang lebih awal karena kemacetan tidak bisa diprediksi. Nah, semoga kereta api bandara cepat terselesaikan untuk memudahkan penumpang yang akan melakukan penerbangan ke bandara dapat lebih efisian waktu. Dan juga kemacetan dapat lebih berkurang dengan adanya kereta api bandara ini.

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )