Mengenal Honda NXR750, Sang Ratu Gurun Pasir Cikal Bakal Afrika Twin Penakluk Rally Dakar

Mengenal Honda NXR750, Sang Ratu Gurun Pasir Cikal Bakal Afrika Twin Penakluk Rally Dakar

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, Rally Dakar merupakan balapan tahunan yang digelar Amaury Sport Organisation. Balapan Rally Dakar atau yang dulu disebut dengan Paris Dakkar mulai dilaksanakan pada tahun 1979. Acara Rally Dakar ini merupakan balapan yang dibuka untuk pembalap amatiran maupun untuk pembalap profesional. Ada beberapa macam kategori yang diperlombakan dalam Rally Dakar ini antara lain kategori mobil, motor, dan truk.

Nah berbicara tentang Rally Dakar kategori motor, ternyata pada tahun 1980-an Honda pernah beberapa kali menjuarai perlombaan ini. Setidaknya di tahun 1982 dan 1986 sampai 1989 Honda menjuarai perlombaan ini. Nah di tahun 1986 sampai dengan 1989 saat mengikuti perlombaan Paris-Dakar, Honda menggunakan motor dengan nama Honda NXR750. Dan dalam kurun waktu empat tahun tersebut, Honda selalu memenangkan trophy juara.

Saat itu, Kejuaraan Paris-Dakar berlangsung selama kurang lebih 22 hari yang dimulai dari Paris Perancis dan berakhir di Dakar Senegal. Dalam kejuaraan tersebut dan yang menjadikan perlombaan semakin seru adalah peserta harus melintasi gurun pasir Afrika sejauh hampir sekitar 15.000 km panjangnya. Sungguh kejuaraan yang membutuhkan skill, tubuh, dan juga mesin yang benar-benar tahan banting untuk mengikuti kejuaraan tersebut.

Balik lagi membahas Honda NXR750, motor ini dilengkapi dengan mesin kompak 45 derajat V-twin engine 4 tak 4 katup berpendingin air yang dapat memberikan tenaga maksimal diangka 75 PS pada 7000 rpm. Honda NXR750 ini memiliki berat yang lumayan yaitu seberat 185 kg. Dikarenakan kejuaraan Paris-Dakar ini melintasi gurun yang panjangnya mencapai 15.000 km maka motor ini didesain agar dapat menampung bahan bakar sebanyak mungkin untuk mencukupi ketersediaan bahan bakar selama dalam kejuaraan. Tangkinya mampu menampung sebanyak 59 liter bahan bakar.

Motor ini juga memiliki seat hight yang lumayan tinggi untuk orang Indonesia karena berada di angka 99 cm. Motor ini memang dirancang memiliki seat hight yang tinggi karena merupakan motor adventure yang digunakan di segala medan. Honda NXR750 diklaim memiliki handling yang sangat nyaman sekali dan juga memiliki kestabilan yang sangat baik walupun menggendong tangki bahan bakar sebanyak 59 liter. Motor ini juga kabarnya mampu untuk melintasi gurun pasir yang medannya tentu saja lautan pasir dengan kecepatan maksimal 177 km/jam. Waw, luar biasa ya motor ini, mampu melaju di atas pasir dengan kecepatan yang relatif tinggi.

Honda NXR750 ini memang motor yang dikembangkan dan dibangun langsung oleh Honda Racing Corporation (HRC) dengan tujuan khusus untuk mengikuti kejuaraan Paris-Dakar. Karena memenangkan empat kali berturut-turut di ajang kejuaraan Paris-Dakar, motor ini mendapat julukan sebagai “Desert Queen” yang berarti ratunya pasir. Namun sayangnya, setelah kemenangkan empat kali berturut-turut tersebut Honda menghentikan keikutsertaan di Paris-Dakar. Dan akhirnya Honda NXR750 ini kemudian dikembangkan oleh Honda lagi untuk diproduksi menjadi motor komersial yang menjadi cikal bakal Africa Twin. Honda akhirnya ikut kembali pada kejuaraan Rally Dakar pada tahun 2003 dengan menggunakan motor Honda CRF450Rally.

Spesifikasi NXR750 :

  • Type of engine: Water-cooled 4-stroke V-twin engine (4-Valve OHC)
  • Engine displacement: 779,1 ccm
  • Maximum power: 75PS / 7000rpm
  • Dry weight: 185kg
  • Fuel capacity: 59 liters
  • Seat hight: 990 mm

sumber: Honda

baca juga:

Sharing/Iklan/Kerja Sama:
===============================
Main Blog: http://cahbrogo.net
Email: cahbrogoblog@gmail.com
Phone: 085741994790
WA: 083865963201
BBM: D0DE4086
Twitter: @budi_sant86
Instagram: cahbrogo
Facebook: Budi Santoso
===============================

Iklan

Monggo, silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s