Sejarah Lahirnya Honda PCX di Negeri Gajah Putih Hingga sampai Ke Indonesia

Sejarah Lahirnya Honda PCX di Negeri Gajah Putih Hingga sampai Ke Indonesia

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, All New Honda PCX 150 2018 produksi lokal secara resmi telah diperkenalkan di Indonesia pada hari Rabu 13 Desember 2017 kemarin. Dihadirkan dengan dua versi yaitu tipe ABS dan CBS, All New Honda PCX 150 2018 ini untuk versi terendahnya dijual mulai dari harga 27 juta rupiah untuk wilayah Jakarta. Berbagai fitur pun juga sudah disematkan pada produk skutik premium lokal dari Honda ini.

Yang menarik, ternyata ada perjalanan panjang sampai akhirnya All New Honda PCX 150 lahir di Indonesia. Sejarah lahirnya Honda PCX dimulai dari sebuah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan keindahan alam dan ladyboy-nya yaitu negara Gajah Putih Thailand. Honda PCX pertama kali diproduksi di negara Thailand pada tahun 2009.

"Sketsa

Kenapa Thailand dipilih sebagai basis lahirnya Honda PCX? Ada dua alasan mengapa Honda PCX pertama kali diproduksi di Thailand, yang pertama adalah karena pada saat itu negara Thailand memiliki stabilitas ekonomi yang baik dibandingkan dengan negara-negara yang lainnya. Alasan yang kedua adalah karena memang basis dari riset dan pengembangan produk motor Honda berpusat di negara Thailand.

Pada waktu itu, para insinyur Honda mencari formula sebuah kendaraan yang menarik, trendi, praktis, dan juga berkesan mewah yang dapat digunakan masyarakat global. Tak tanggung-tanggung, insinyur Jepang dan Thailand pun berkolaborasi untuk menciptakan wujud yang cocok bagi Honda PCX yang akan diwujudkan dalam bentuk motor skutik elegan yang dapat diterima oleh pasar global.

"Insinyur

Cukup sulit untuk menentukan desain dari Honda PCX ini dikarenakan terjadinya perbedaan pandangan terhadap produk tersebut. Jika insinyur Jepang menginginkan desain motor yang memiliki desain yang santai, nyaman, dan juga terkesan elegan, beda lagi dengan insinyur Thailand yang menginginkan desain yang tajam, sporty, dan juga memiliki bentuk desain yang ramping.

Namun rancangan insinyur Thailand seolah agak melenceng dari harapan petinggi Honda yang ingin menciptakan motor skutik premium. Setelah melalui riset dan pengembangan yang membutuhkan waktu yang lama, akhirnya keluarlah desan dari Honda PCX yang pada mulanya hanya memiliki kubikasi mesin 125 cc saja dengan ban berukuran 14 inchi.

Bodi PCX yang waktu itu memang bongsor dan terlihat besar sangat cocok untuk melibas disegala medan namun pengendara tetap merasa nyaman mengendarainya. Selain itu, Honda PCX juga dirancang dapat dengan lincah untuk melibas kemacetan kota.

PT AHM sendiri baru membawa Honda PCX ke Indonesia pada tahun 2010 yang waktu itu import dari Thailand dengan dijual di Indonesia sebesar 32 juta rupiah. Di tahun 2012, PT Astra Honda Motor menggantikan Honda PCX 125 cc produksi dari Thailand dengan kepasitas mesin yang lebih besar yaitu 150 cc yang masih didatangkan dari Thailand.

"Honda

Honda PCX 150 CBU Thailand ini dibekali dengan mesin 152,9 cc SOHC yang memiliki power maksimal diangka 12 daya kuda (dk) pada 8.500 rpm dan torsi maksimum pada 13,1 Nm di 5.500 rpm. Untuk fitur-fiturnya pun juga sudah lengkap dengan menganut lampu utama LED, Idling Stop System (ISS), Answer Back System, soket power, lampu hazard, serta memiliki bagasi dengan kapasitas yang cukup besar yaitu sekitar 25 liter.

Kemudian pada tahun 2014, Honda PCX 150 ini tidak lagi didatangkan dari Thailand namun didatangkan dari negara yang masih masuk wilayah Asia Tenggara yaitu Vietnam. Saat itu, Honda PCX dijual dengan harga 38,8 juta rupiah dan tidak disangka-sangka ternyata mampu mencatatkan angka penjualan yang fantastis karena tercatat terjual sebanyak 3.240 pada tahun 2014.

Pasa saat itu, pabrikan lain belum ada yang menjual motor matik bongsor seperti Honda PCX. Hngga pada akhirnya tahun 2015, Yamaha NMAX lahir dengan bodi dan desain yang sama-sama bongsor dan besar namun dengan harga yang memang jauh lebih murah dari Honda PCX.

Akhirnya Honda PCX mulai merosot penjualannya dan tergantikan dengan Yamaha NMAX yang laris manis bahkan fantastis dalam angka penjualannya walaupun belum genap setahun diperkenalkan. Tahun 2015-2017, AHM masih tetap mendatangkan Honda PCX 150 dari Vietnam, namun sudah tidak sebanyak penjualan di tahun 2014 dikarenakan memang harganya terlampau tinggi dari Yamaha NMAX karena memang Honda PCX masih diimport dari Vietnam.

PT AHM nampaknya juga menyadari akan hal tersebut, dan memiliki keinginan untuk memproduksi sendiri Honda PCX. Namun perlu dan butuh riset serta pengembangan yang tidak mudah untuk memproduksi sendiri Honda PCX secara lokal. Dan ternyata butuh waktu hampir dua tahun lebih untuk melokalkan All New Honda PCX 150 2018 dengan bodi yang bongsor dan gambot serta desain yang elegan seperti sekarang ini.

"AHM_Perkenalan

Nah, itu tadi sedikit bercerita tentang sejarah lahirnya Honda PCX dari pertama kali diproduksi sampai dengan saat ini lahirnya All New Honda PCX 150 2018 produksi lokal Indonesia.

Semoga bermanfaat, dan monggo pendapatnya pada kolom komentar di bawah.

baca juga:

Contact Us

E-mail :  cahbrogo@gmail.com | cahbrogoblog@gmail.com
Facebook : cahbrogo.net
Twitter : @budi_sant86
Instagram : cahbrogo
WhatsApp/Call/SMS : 085741994790

 

Advertisements

4 thoughts on “Sejarah Lahirnya Honda PCX di Negeri Gajah Putih Hingga sampai Ke Indonesia”

Monggo Silakan Berkomentar, Siap Menerima Saran dan Kritik yang Membangun