Advertisements

Wiper, Komponen Penting Saat Mengemudi dalam Kondisi Hujan

Wiper, Komponen Penting Saat Mengemudi dalam Kondisi Hujan

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, sejak bulan Oktober kemarin wilayah Indonesia memang sudah memasuki musim penghujan. Oleh karenanya, setiap kita akan bepergian baik dengan jarak dekat ataupun jauh kita harus mengantisipasi atau mempersiapkan jikalau dalam perjalanan hujan turun. Bagi yang menggunakan motor tentunya harus mempersiapkan jas hujan dan juga alas kaki yang tahan atau anti air.

wiper mobil

Namun, bagi yang berkendara dengan mobil tidak perlu terlalu khawatir akan hujan turun saat dalam perjalanan. Karena mobil mampu melindungi kita dari hujan. Tetapi, ada komponen yang harus terlebih dahulu dan selalu kita cek pada mobil apabila musim hujan telah tiba. Komponen atau alat tersebut adalah wiper atau alat pembersih kaca yang menempel pada kaca bagian depan/belakang mobil kita.

Walaupun perangkat/alat ini sepele, namun saat musim hujan alat ini sangat berguna sekali bagi pengemudi mobil. Bisa dibayangkan apabila kita mengemudi dalam kondisi cuaca yang hujan deras kemudian wiper kita tidak dapat berfungsi pastinya kita akan susah untuk melihat pandangan ke depan karena terganggu oleh tetesan air dan juga embun yang menempel pada kaca mobil.

Untuk itu, sebelum bepergian jauh kita harus rutin mengecek apakah wiper atau pembersih kaca sudah berfungsi dengan baik atau tidak. Karena memiliki fungsi yang sangat penting, ternyata pemasangan wiper juga diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 yang berisi:

Penghapus kaca/wiper harus memiliki persyaratan:

  • paling sedikit berjumlah 1 buah dan dipasang pada bagian depan kaca
  • dilengkapi alat penyemprot air ke kaca
  • digerakkan secara mekanis dan/atau elektronis.

wiper pembersih kaca mobil

Nah, itu tadi sedikit gambaran tentang wiper/pembersih kaca pada mobil yang memiliki manfaat yang sangat berguna ketika mengemudi dalam kondisi hujan. Selalu cek kondisi wiper mobil apakah sudah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika sudah tidak dapat berfungsi dengan baik, segera dibawa ke bengkel untuk diperbaiki karena alat ini memiliki fungsi yang vital saat musim penghujan tiba.

baca juga:

[display-posts tag=motor]

Contact Us

E-mail :  cahbrogo@gmail.com | cahbrogoblog@gmail.com
Facebook : cahbrogo.net
Twitter : @budi_sant86
Instagram : cahbrogo
WhatsApp/Call/SMS : 085741994790

Advertisements

2 thoughts on “Wiper, Komponen Penting Saat Mengemudi dalam Kondisi Hujan

Leave a Reply

Advertisements
%d bloggers like this: