Sekilas tentang Garbarata Produksi Indonesia

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, jika kita pernah melakukan perjalanan melalui beberapa bandara di Indonesia, kita pasti akan menjumpai yang namanya Garbarata (aviobridge). Nah, bagi sobat yang belum tahu tentang fakta unik dari Garbarata ini ada baiknya baca tulisan ini sampai habis ya. Garbarata ini semacam jembatan fleksibel tertutup yang menghubungkan antara terminal keberangkatan dengan pintu pesawat terbang.

Fungsi dari Garbarata ini adalah untuk mempermudahkan akses penumpang saat keluar dan masuk dari terminal keberangkatan ke pesawat atau sebaliknya. Selain itu Garbarata juga untuk melindungi penumpang dari hujan, angin, panas, terpaan mesin pesawat, suara bising, dan juga dari debu sehingga penumpang dapat merasa nyaman dan aman saat akan naik atau turun pesawat terbang.

Uniknya, Garbarata ini hanya diproduksi oleh 5 negara di Dunia saja dan salah satunya adalah di Indonesia. Keempat negara tersebut adalah Jerman, Amerika Serikat, Jepang, Indonesia, dan Cina. Di Indonesia produsen Garbarata diproduksi oleh sebuah perusahaan yang masih satu group dengan group Haji Kalla yaitu PT Bukaka Teknik Utama. Selain digunakan di dalam negeri, ternyata produk Garbarata dari Indonesia juga diekspor ke berbagai negara yang mayoritas di kawasan Asia.

Negara Jepang dan Cina pun bahkan juga ada yang mengimport Garbarata produksi Indonesia. Ini menandakan bahwa kualitas Garbarata produksi dalam negeri mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Namun ternyata untuk memproduksi Garbarata ini juga membutuhkan waktu yang lumayan lama tidak seperti memproduksi barang lainnya. Dengan karyawan berjumlah sekitar 300 orang, dalam sebulan hanya mampu memproduksi maksimal 8 Garbarata.

Dalam memproduksi Garbarata ini tidak asal buat karena harus disesuaikan dengan masing-masing bandara yang memesan. Harus diukur ketinggian terminal, lebar apron, dan sebagainya. Itulah mengapa produksi Garbarata tidak semudah memproduksi barang lainnya.

Sumber gambar: kemenhub151 & merdeka.com

Advertisements

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.