Cara Simpel Supaya Helm Lebih Awet

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, helm merupakan gear wajib yang harus digunakan saat mengendarai motor. Mengapa helm menjadi gear wajib saat berkendara, karena selain helm dapat meredam benturan saat terjadi kecelakaan, helm juga dapat melindungi kepada dan wajah dari terpaan angin, sinar matahari, dan juga benda-benda kecil lainnya yang dapat masuk ke wajah. Oleh karenanya helm harus dirawat dengan benar supaya lebih awet.

Tak jarang helm yang terbilang masih baru namun sudah terlihat rusak dan baret di beberapa bagian karena kurang pahamnya pemilik dalam merawat helm yang digunakan. Umur helm standar rata-rata adalah sekitar 5 tahun namun asal kita tepat dalam merawat dan tidak terjadi benturan, maka umur helm dapat lebih panjang lagi. Nah berikut ini beberapa cara simpel supaya helm lebih awet.

Pertama adalah jangan langsung disimpan di tempat tertutup setelah digunakan. Hal ini karena helm yang baru saja digunakan oleh pemilik pastinya sudah bercampur dengan keringat dan minyak yang menempel di busa. Jika helm langsung disimpan di tempat yang tertutup dan lembab maka helm akan berbau tidak sedap dan busa akan menjadi terlihat kusam.

Hal ini bisa dicegah dengan cara setelah helm digunakan kita buka visor atau kaca dan dibiarkan di tempat terbuka supaya terkena angin atau bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkannya. Mengeringkan helm dengan kipas angin juga bisa diterapkan setelah helm digunakan saat hujan. Mencegah keringat menempel di busa juga bisa dicegah dengan cara menggunakan kain penutup kepala untuk menghindari kontak langsung kepala/wajah dengan busa helm.

Kedua yaitu berhati-hati saat meletakkan helm yang baru saja dipakai. Setelah kita berkendara mungkin karena lelah kita sembarangan dalam menaruh helm di tempat yang kurang aman untuk menaruh helm seperti tempat yang miring dan mungkin saja bisa menyebabkan helm terjatuh dan mengalami benturan. Menaruh helm di sembarang tempat juga dapat memungkinkan helm lecet atau baret terkena terkena goresan dari benda lain. Jadi alangkah baiknya setelah digunakan, helm diletakkan di tempat yang aman.

Ketiga adalah tidak sembarangan dalam menyentuh visor. Visor juga merupakan bagian penting dari sebuah helm karena  dengan visor yang bersih dan jernih pandangan kita dapat dengan sempurna melihat situasi di depan saat berkendara. Oleh karenanya visor harus dirawat agar tidak tergores dan tidak menempel kotoran pada visor. Caranya adalah dengan membersihkan visor atau kaca dengan kain berbahan mikrofiber yang halus. Selain itu juga jangan ada kontak langsung tangan kita dengan visor karena kita tidak tahu bahwa tangan kita mungkin berminyak yang dapat menempel pada visor tersebut.

Selain itu membersihkan visor juga jangan dilap menggunakan tisu karena sebenarnya tisu terbuat dari serbuk kayu yang dapat membuat visor lecet ketika dilap dengan tisu. Namun jika terpaksa akan membersihkan visor dengan tisu, maka jangan dengan dilap namun dengan cara dicocol/ditotol.

Nah itu tadi beberapa cara simpel untuk merawat helm kesayangan sobat agar lebih awet dan memperpanjang umur dari helm tersebut. Semoga bermanfaat.

 

 

Advertisements

2 Comments on “Cara Simpel Supaya Helm Lebih Awet”

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.