Mungkinkah Suzuki DR200S Dipasarkan di Indonesia?

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, Suzuki DR200S yang kita tahu saat ini adalah motor trail Suzuki yang tidak dijual secara umum oleh Suzuki. Suzuki DR200S hanya dijual untuk kepentingan instansi pemerintah seperti yang digunakan sebagai motor operasional oleh BRIMOB. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah mungkin Suzuki DR200S ini akan dijual di Indonesia?

Seperti yang kita tahu, belakangan ini pasar motor trail terus mengalami kenaikan yang signifikan. Setelah bermain sendiri, Kawasaki KLX kini ditemani oleh Honda CRF150L yang hadir untuk pasar motor trail di Indonesia. Walaupun sebenarnya Suzuki DR200S ini berbeda kelas dengan KLX dan CRF150L. Dengan kehadiran kedua motor ini, para pencinta motor trail pun jumlahnya semakin bertambah dan ini merupakan potensi yang besar untuk masuk ke segmen tersebut.

Namun nampaknya Suzuki belum akan bermain di segmen ini, Suzuki hanya akan sebatas memasok DR200S untuk pesanan dari instansi pemerintah karena jelas peruntukannya. Ada beberapa pertimbangan yang mungkin dipilih Suzuki Indonesia untuk belum atau tidak mendatangkan Suzuki DR200S ke Indonesia.

Pertama adalah karena harga jual yang terlalu tinggi untuk dipasarkan di Indonesia mengingat Suzuki Indonesia masih mendatangkan produk ini secara langsung dari Suzuki Jepang atau masih import langsung. Dengan import ini tentunya Suzuki Indonesia akan kesulitan untuk menentukan harga dari motor ini karena harus diperhitungkan biaya pajak, cukai dan lain sebagainya. Jika hitungan kasar mungkin harganya bisa sampai 50 hingga 60 juta rupiah, sungguh harga yang kurang wajar untuk menjual motor trail 200 cc di Indonesia.

Kedua adalah pasokan yang terbatas, Suzuki Jepang tidak memproduksi Suzuki DR200S secara masif walaupun tidak menghitung jumlah pastinya namun jumlah produksi Suzuki DR200S ini hanya terbatas. Bahkan untuk mendatangkan Suzuki DR200S ini ke Indonesia, Suzuki harus mengambil jatah negara lain yaitu jatah untuk Australia dan Afrika. Jadinya memang sangat sulit untuk mendatangkan Suzuki DR200S ini ke Indonesia walaupun hanya untuk pesanan instansi pemerintah.

Itu tadi mungkin dua alasan mengapa Suzuki belum akan menjual secara massal Suzuki DR200S ke Indonesia. Jika ingin dilokalkan tentunya juga membutuhkan dana yang cukup besar untuk melakukan riset dan pengembangan. Juga waktu yang tidak sebentar untuk menghasilkan sebuah produk motor baru.

Saat ini Suzuki masih serius untuk menggarap Suzuki GSX series yaitu GSX-R150 dan GSX-S150 yang mencatatkan penjualan positif dari pertama kali diperkenalkan di Indonesia.

Advertisements

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.