Berikut ini Tata Cara Pembuatan SIM Terbaru untuk Tahun 2018

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan kewajiban bagi para pengendara kendaraan bermotor. Namun walaupun ini merupakan hal yang wajib, tetapi masih banyak juga yang sudah lama berkendara dengan kendaraan bermotor namun belum memiliki SIM sesuai golongannya. Banyak alasan kenapa sebagian masyarakat belum mau membuat SIM antara lain, sulitnya tes praktik dalam pembuatan SIM, maraknya calo yang menawarkan jasa kilat pembuatan SIM, dan sebagainya. Sebenarnya tata cara pembuatan SIM Terbaru untuk Tahun 2018 tersebut sekarang ini lebih mudah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya karena sekarang maraknya reformasi birokrasi dan juga tim saber pungli.

Sebelum kita mengetahui tata caranya dalam pembuatan SIM, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa sajakah persyaratan wajib ketika akan melakukan pembuatan SIM baru. Nah, berikut ini persyaratan pembuatan SIM baru untuk tahun 2018.

  • Untuk SIM A, usia pemohon minimal 17 tahun
  • Untuk SIM B1 dan B2, usia pemohon minimal 20 tahun
  • Untuk SIM C dan D, usia pemohon minimal 16 tahun.
  • Menyediakan Pas Photo terbaru
  • KTP Asli dan Foto Copy KTP (4 lembar)
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Dokter

Nah, itu tadi beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan oleh pemohon ketika akan melakukan pembuatan SIM baru. Selanjutnya adalah tata cara atau alur dalam pembuatan SIM baru. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Mengisi formulir permohonan disertai Foto Copy KTP dan juga Pas Photo terbaru.
  • Mengikuti Ujian Teori
  • Apabila sudah lulus ujian teori, maka langkah selanjutnya adalah ujian praktik sesuai dengan jenis golongan SIM yang diajukan
  • Apabila kedua tes tersebut (teori dan juga praktik) telah dinyatakan lulus, maka pemohon SIM baru dapat mengantri untuk proses pembuatan SIM baru.
  • Melakukan rekam sidik jari dan juga pas foto

Nah, itu tadi persyaratan dan juga tata cara dalam pembuatan SIM baru. Biasanya yang paling susah adalah ketika melaksanakan tes praktik, kita harus benar-benar sempurna dalam melaksanakan praktik sesuai dengan arahan dari penguji. Apabila gagal dalam tes praktik ini, maka pemohon biasanya harus mengulanginya lagi dilain waktu sampai benar-benar lolos tes praktik. Namun terkadang ada juga yang tidak ingin ribet langsung menggunakan jas calo, yang penting bayar tinggal nunggu panggilan rekam sidik jari dan foto, kemudian SIM jadi (jangan ditiru 😀 ).

Untuk biaya resmi dari pembuatan SIM baru tahun 2018, bisa diklik pada link berikut ini. Klik disini.

 

Advertisements

One Comment on “Berikut ini Tata Cara Pembuatan SIM Terbaru untuk Tahun 2018”

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.