Kereta Kelinci Dilarang Beroperasi di Jalan Raya?

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, Kereta Kelinci merupakan sarana transportasi massal hasil kreativitas manusia yang bertujuan untuk mengangkut lebih banyak penumpang dengan menambahkan layaknya gerbong pada kereta api. Basis dari Kereta Kelinci sebenarnya adalah bisa mengambil mesin mobil atau yang lainnya dengan rangka dan juga gerbong yang dibuat sendiri. Dan sekarang ini, banyak rombongan yang menggunakan jasa Kereta Kelinci untuk berwisata jarak dekat menggunakan moda transportasi ini. Namun walaupun kereta kelinci dapat memuat penumpang lebih banyak, ternyata penggunaan kereta kelinci belum mendapat izin dari dinas terkait. Dan di Surakarta/Solo oleh Satlantas Kota Solo Melarang Kereta kelinci untuk beroperasi di jalan raya.

Bukan tanpa sebab Satlantas Kota Solo melarang penggunaan kereta kelinci di jalan raya, selain tidak memiliki izin, kereta kelinci juga dinilai berbahaya dan rawan kecelakaan karena kurangnya fasilitas keselamatan yang ada. Di dalam undang-undang sendiri, sebenarnya penggunaan kereta kelinci juga sudah dilarang antara lain terdapat pada Pasal 277 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang UULAJ, kemudian dalam Pasal 47 Ayat 2 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang UULAJ, serta pada Pasal 285 Ayat 2 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang UULAJ.

Nah, jika kereta kelinci kedapatan beroperasi di wilayah jalanan kota Surakarta, maka akan langsung dilakukan penilangan oleh anggota kepolisian dan juga kereta tersebut akan langsung dikandangkan. Menurut kabar, beberapa wilayah kepolisian juga sudah menerapkan hal serupa karena alasan faktor keselamatan penumpang.

Kereta kelinci sudah sepantasnya dilarang beroperasi di jalan raya karena bentuknya yang lebar seperti mobil dan memiliki panjang yang mungkin lebih panjang dari truk pertamina jika memiliki dua gerbong dapat membahayakan penumpang dan juga membahayakan pengendara yang lainnya. Nah, kalau menurut pembaca sendiri, setujukah dengan pelarangan kereta kelinci beroperasi di jalan raya? Monggo sampaikan unek-uneknya di kolom komentar.

Advertisements

2 Comments on “Kereta Kelinci Dilarang Beroperasi di Jalan Raya?”

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.