Regulasi Baru tentang Fairing Aerodinamika pada MotoGP 2019

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, secara resmi Komisi Grand Prix MotoGP mengumumkan regulasi baru tentang fairing aerodinamika pada MotoGP 2019. Nampaknya regulasi terbaru ini lebih ketat dibandingkan dengan regulasi yang ada sekarang ini. Hal ini tentu saja untuk memberikan peraturan yang jelas tentang yang boleh dan yang tidak boleh pada fairing motor MotoGP.

Regulasi Baru tentang Fairing Aerodinamika pada MotoGP 2019

Penggunaan winglet pada motor-motor di MotoGP telah dilarang pada akhir tahun 2016 yang lalu. Namun para pabrikan yang ikut berkompetisi dalam balap MotoGP terus berkesperiman dalam mengembangkan bodywork agar menghasilkan aerodinamika yang pas.

Untuk saat ini, setiap tim pabrikan dibatasi dengan dua desain fairing yang berbeda di tiap musimnya. Yang pertama adalah versi standar yang harus di homologasikan sebelum memasuki awal musim. Sedangkan untuk desain yang kedua adalah pengembangan yang dapat diperkenalkan setelah tahapan desain standar terlewati.  Dan setelahnya, pembalap bebas untuk bertukar antara kedua desain tersebut.

Namun nampaknya Ducati telah menggunakan desain yang dapat dipakai dan dilepas saat menggunakan trek yang berbeda. Inilah yang menjadi alasan Komisi Grand Prix untuk memutuskan melarang yang seperti dilakukan oleh Ducati. Regulasi pelarangan ini akan berlaku mulai musim 2019 mendatang.

Dan kesimpulannya adalah desain yang saat ini digunakan masih akan tetap diijinkan hingga berakhirnya musim ini. Namun di tahun 2019, perubahan desain seperti yang dilakukan oleh Ducati akan dilarang dan tidak diijinkan untuk digunakan. Selain regulasi tentang fairing aerodinamika, akan ada juga regulasi yang mengatur tentang perangkat elektronik pada motor MotoGP.

Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai regulasi baru tentang fairing aerodinamika pada MotoGP 2019 nanti. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Advertisements

Monggo Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.