AHM Resmi Rilis PCX Electric, Harganya Masih Rahasia

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, hari Kamis 31 Januari 2019 kemarin AHM secara resmi merilis Honda PCX Electric. Sebelumnya, AHM juga telah memamerkan motor tersebut pada gelaran IMOS 2018 namun belum secara resmi merilisnya. Nah, baru pada 31 Januari 2019 kemarin AHM secara resmi memperkenalkan Honda PCX Elektrik. Hadirnya PCX Electic untuk menjawab tantangan mengenai program pemerintah untuk menghadirkan moda transportasi yang ramah lingkungan.

Namun begitu, untuk sementara ini Honda PCX Electric masih belum dijual secara konvensional. Tentunya selain memproduksi motor listrik, AHM juga sementara ini harus mempersiapkan infrastruktur, layanan, dan juga SDM untuk menangani hal tersebut. Sementara, AHM baru akan menyewakannya kepada perusahaan untuk operasional dengan biaya 2 juta rupiah untuk per bulannya.

AHM Resmi Rilis PCX Electric, Harganya Masih Rahasia

Secara desain dan juga fitur, Honda PCX Electric ini sama dengan Honda PCX konvensional (bahan bakar minyak) dan juga PCX Hybrid. Hanya saja untuk PCX Electric ini seluruh tenaganya bersumber dari motor listrik yang ditopang oleh dua buah baterai lithium ion (Honda Mobile Power Pack). Kedua buah bateri lithium ion ini terpasang secara paralel di balik jok pengemudi.

Kedua baterai lithium ion (dalam pengisian penuh) tersebut mampu untuk menjalankan sepeda motor hingga sejauh 69 km dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. Untuk cara pengisiannya apabila baterai lithium ion tersebut habis dapat dilakukan dengan dua metode. Dua metode tersebut yaitu secara off-board charging dan juga secara on-board charging.

Untuk off-board charging yaitu dengan cara menggantinya langsung dengan dua baterai cadangan yang sudah terisi (swap system). Sementara untuk cara on-board adalah dengan cara diisi ulang menggunakan konektor yang tersambung pada listrik gedung atau rumah. Pengisian dengan cara on-board memakan waktu selama kurang lebih 6 jam.

Secara bertahap AHM sedang menmenyiapkan berbagai fasilitas dan sarana untuk mendukung bisnis sepeda motor listrik. Di antaranya jaringan Honda yang melayani servis Honda PCX Electric serta kebutuhan swap/ penggantian baterai. Untuk keadaan darurat, contact center 7 X 24 jam, emergency road assistance (Honda care), dan service visit, siap memberikan pelayanan maksimal.

”Kami bukan hanya menawarkan produk motor listrik, melainkan juga menyiapkan secara bertahap mulai infrastruktur, layanan, sumber daya manusia dan skema bisnis tersendiri untuk mengantarkan kelahiran Honda PCX Electric ini. Kami akan terus mempelajari dan menyesuaikan secara bertahap perkembangan motor listrik ini ke depan,” kata Loman.

Spesifikasi Honda PCX Electric

Untuk spesifikasi teknisnya, Honda PCX Electric ini menggunakan baterai lithium ion dengan 50,4 V yang dipasang secara seri. Untuk powenya, motor ini mampu menghasilkan powe diangka 4,2 kW sejak putaran bawah. Sementara itu, yang mengejutkan adalah torsinya yang lumayan besar. Honda PCX Electric mampu menghasilkan torsi maksimal diangka 18 Nm pada 500 rpm.

Perbedaan Honda PCX Electric dan PCX konvensional adalah pada bagian CVTnya yang digantikan dengan motor listrik yang memiliki ukuran lebih kecil. Sementara itu untuk tampilan speedometer digital juga berubah. Pada PCX Electric memiliki tampilan berupa indikator speedometer, jam, kapasitas baterai yang tersisa, dan status pengisian daya saat tersambung ke daya listrik.

Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai AHM yang secara resmi merilis Honda PCX Electric. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Advertisements
  •  
    3
    Shares
  •  
  •  
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.