Akankah Suzuki Burgman Street 125 Dilokalkan?

Diposting pada

cahbrogo.net – sobat cahbrogo, beberapa waktu yang lalu di Jakarta Fair Kemayoran (PRJ), Suzuki Indonesia memamerkan sesosok Maxi Scooter dari India. Yups, Suzuki Indonesia memajang Suzuki Burgman Street 125 untuk memperkenalkan matik Maxi Scooter ini kepada masyarakat Indonesia. Suzuki Indonesia nampaknya mulai menjajaki pasar di Indonesia terhadap Suzuki Burgman Street 125 ini.

Akankah Suzuki Burgman Street 125 Dilokalkan?

Desain

Apabila sekilas melihat desain dari Suzuki Burgman Street 125 yang didatangkan dari India ini memang lebih keren tidak seperti di pikiran kita mengenai motor-motor India lainnya. Dilihat dari depan, motor ini memang terlihat gambot. Pada bagian lampu utamanya berbentuk setengah oval yang terdapat tiga cluster lampu. Lampu utamanya sendiri sudah menggunakan LED dan juga DRLnya terdapat di bagian atas seperti alis.

Untuk lampu sein, posisinya berada di tebeng kanan dan kiri dengan lampunya yang masih bohlam. Di bagian atas headlamp ada aksen chrome yang berbentuk vertikal di kanan dan kiri. Ditengahnya terdapat logo S yang juga dilabur aksen chrome.

Bagian stang atau kemudinya dilapisi dengan cover seperti yang terdapat pada NMAX sehingga terlihat lebih kekar. Kemudian beralih ke bagian panel indikator semua sudah menggunakan LED dan bentuknya mirip seperti panel indikator GSX series. Beralih ke bawahnya terdapat bagasi pocket di bagian kanan dan kiri untuk menyimpan barang. Bagian kanan terbuka dan bisa untuk menaruh botol air mineral berukuran sedang. Sedangkan di sebelah kiri berpenutup dengan di dalamnya terdapat colokan untuk charge smartphone.

Deknya pun rata di bagian kanan dan kiri terlihat lebih luas. Kemudian juga kaki bisa selonjoran karena terdapat pijakan kaki di bagian tebeng depan. Beralih ke bagian belakang untuk stoplampnya menyatu dengan lampu sein. Stoplampnya sudah menggunakan LED sementara untuk sein belakang masih sama menggunakan bohlam.

Kekurangan

Kekurangan secara desain dari motor ini adalah pada bagian kaki-kakinya yang diameter ringnya terlalu kecil untuk ukuran Maxi Scooter. Seperti yang kita tahu bahwa Suzuki Burgman Street 125 yang didatangkan dari India ini memiliki ukuran velg depan 12 inchi dan belakang 10 inchi saja. Menurut saya kurang proporsional saja jika dibandingkan dengan bentuknya yang gambot namun dengan ukuran kaki-kaki yang terlalu kecil.

Spesifikasi Mesin

Mesin Suzuki Burgman Street 125 ini memiliki kapasitas 124,3 cc 4 tak SOHC 2 katup berpendingin udara. Mesinnya masih menggunakan karburator dan belum dilengkapi dengan teknologi injeksi. Diameter x langkahnya yaitu 52,5 mm x 57,4 mm. Kemudian untuk power maksimalnya dicatat pada 8,6 HP pada putaran 6.500 rpm. Sementara itu untuk torsinya diangka 10,2 Nm pada putaran 5.000 rpm. Sama seperti pada motor matik lainnya, penyaluran putaran dari mesin ke roda menggunakan transmisi CVT.

Kekurangan

Menurut saya kekurangan dari segi mesin pada Suzuki Burgman Street 125 ini adalah yang masih menggunakan karburator. Jika kita melihat kompetitor dan keinginan sebagian besar masyarakat tentu menginginkan motor yang irit dan berteknologi modern. Nah, sistem suplay bahan bakar yang masih menggunakan karburator akan sangat sulit untuk menjajaki pasar di Indonesia, apalagi ini adalah Maxi Scooter yang rivalnya kesemuanya sudah menggunakan teknologi injeksi.

Dua kekurangan itu yang menurut saya harus diperhatikan oleh Suzuki Indonesia apabila berencana untuk dijual ke Indonesia. Dan kalau bisa strategi harga juga harus lebih murah dibandingkan dengan kompetirornya untuk menarik konsumen. Pilihannya adalah jika jadi maka sebisa mungkin Suzuki harus melokalkan produk ini dengan diproduksi di dalam negeri. Tentu saja jika ingin laku juga harus memperbaiki dua kekurangan di atas tadi. Itu saja, semoga bermanfaat.

Baca juga:


Silakan Berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.